Kemasukan Tujuh Gol dari Dua Tim Liga 1, Persewar Waropen Dapat Pelajaran Penting

Pertandingan uji coba antara Madura United melawan Persewar Waropen, Sabtu (11/6/2019). Foto: Instagram/@galeri_persewar.

Klub Liga 2, Persewar Waropen memetik hasil buruk kala melakoni dua pertandingan uji coba melawan tim Liga 1 2019. Tercatat, klub berjuluk Mutiara Bakau itu kemasukan tujuh gol dan tidak memasukan gol sekalipun.

Okto Maniani dan kolega tumbang 0-3 ketika menghadapi Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (8/5/2019) malam. Tiga hari berselang, Persewar kembali menelan kekalahan 0-4 atas Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan.

Sebenarnya kondisi itu bisa dimaklumi, mengingat Persela dan Madura United bukanlah lawan satu level. Namun, pelatih Persewar, Carolino Ivakdalam, tetap memberikan evaluasi kepada anak asuhnya, terutama menyoal rapuhnya pertahanan yang digalang oleh Anthon Kipin dan kolega.

“Jelas ada evaluasi, yang pertama terkait dengan kinerja dari lini per lini. Kami evaluasi, mulai dari kiper, pertahan, dan juga penyerang,” kata Carolino kepada KAMPIUN.ID, Senin (13/5/2019) malam WIB.

“Soal paceklik gol, kami memang baru masuk dalam latihan finishing. Kemarin satu bulan terakhir masuk ke bertahan. Nah, tapi ini kan kemasukan tujuh gol itu kenapa,” imbuhnya.

Baca Juga  Gol Simic Berbuah Satu Poin, Ini Komentar Pelatih Persija

Terkhusus lawan Madura United, Persewar bahkan kebobolan tiga gol saat pertandingan baru berjalan 25 menit. Berawal dari gol Alberto Goncalves pada menit ke-9, lalu Aleksandar Rakic (18′), dan Greg Nwokolo (23′).

Menurut kakak kandung dari Eduard Ivakdalam itu, tiga gol itu tercipta akibat belum ada komunikasi yang bagus di lini belakang Persewar. Namun, ia mengaku telah memberikan perbaikan dalam sesi latihan, Senin (13/5/2019) pagi.

“Beberapa pemain belum saling saling mengerti antara pemain muda dan senior. Karena ini kan baru kumpul. Kemarin kemasukan tiga gol dari 20 menit, itu kami kurang kemunikasi di belakang, kurang antisipasi juga,” ujar Carolino.

“Tapi tadi pagi kami sudah latihan bertahan lagi. Terutama kurangnya komunikasi di belakang,” lanjutnya.

Meski usai menelan dua kekalahan besar dalam pertandingan uji coba, hal itu tidak membuat mental Victor Pae cs runtuh. Hal tersebut dibuktikan ketika Persewar meraih kemenangan 4-0 dari tim internal di Surabaya, Senin (13/5/2019) sore.

“Tadi saya buat uji coba happy game untuk melatih kepercayaan diri mereka untuk mencetak gol lagi. Tadi kami bisa menang 4-0, artinya ketika kami kalah dari tim level atas, kami harus bermain dengan tim level bawah untuk meningkatkan rasa percaya diri lagi. Saya kira sekarang sudah tidak masalah,” tegas mantan gelandang Persipura Jayapura itu.

Baca Juga  Hadapi PSS Sleman, Semen Padang Siap Matikan Brian Ferreira

Setelah melakukan uji coba melawan dua klub Liga 1 2019, Persewar akan melakukan perjalanan ke Jawa Tengah. Tim Mutiara Bakau berencana menghadapi sesama tim Liga 2 2019, PSCS Cilacap pada Rabu (15/5/2019), kemudian menghadapi Persis Solo tiga hari berselang.

Febri Aldi