Kesan Pemuda Serui Setelah Dipanggil Timnas U-23

Yakob Sayuri saat mengikuti latihan Timnas U-23 di Stadion UNY, Depok, Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Yakob Sayuri menjadi salah satu debutan dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Yogyakarta. Pemuda 21 tahun asal Serui ini dipanggil setelah masuk dalam skuat Barito Putera musim ini.

Tak banyak yang tahu karir Sayuri sebelum gabung Barito Putera. Dalam dua musim terakhir, Sayuri menjadi bagian tim Liga 3 zona Papua.

Mulai membela Persewar Waropen pada 2017 serta Persemi Mimika dan Persitoli Tolikara pada 2018. Bersama Persemi, Sayuri jadi pencetak gol terbanyak Liga 3 zona Papua dengan 13 gol.

Namun setelah masuk Barito Putera, performanya mulai menarik perhatian. Sayuri punya skill dan kecepatan yang dapat dimaksimalkan sebagai seorang winger.

Indra Sjafri pun akhirnya memanggilnya. Sayuri akan dipantau kualitasnya selama pemusatan latihan di Yogyakarta, serta ajang Merlion Cup 2019 di Singapura, pada 7-9 Juni 2019.

Kepada KAMPIUN.ID, Yakob Sayuri mengungkapkan kegembiraannya dilirik Indra Sjafri. Dia tak menyangka debutnya sebagai pemain Liga 1 langsung berbuah tiket seleksi ke tim Garuda Nusantara.

“Tidak menyangka bisa dipanggil Timnas, apalagi baru musim ini saya main di Liga 1, Puji Tuhan saya diberi kesempatan untuk gabung bersama teman-teman di Timnas U-23,” kata Sayuri saat ditemui di Stadion UNY, Depok, Sleman.

Yakob Sayuri saat mengikuti latihan Timnas U-23 di Stadion UNY, Depok, Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Sayuri pun menceritakan perjalananya, hingga kemudian gabung Barito Putera. Dia mengaku tak pernah gabung sekolah sepak bola (SSB). Setiap sore Sayuri rajin bermain bola di Lapangan Desa Manawi, Serui.

“Hanya game-game setiap sore saja di desa. Kemudian saya dibawa oleh kakak Eduard Ivakdalam ke Jayapura. Saya gabung Persewar tahun 2017 dan Persemi tahun 2018,” tuturnya.

“Sangat luar biasa perjalanan ini, tidak disangka-sangka Tuhan punya rencana seperti ini. Sekarang saya akan berusaha untuk menunjukkan yang terbaik di Timnas U-23,” lanjutnya.

Yakob Sayuri berharap bisa terpilih masuk skuat utama Timnas U-23 yang dipersiapkan menuju SEA Games 2019. Dia ingin membawa Timnas U-23 menjadi juara.

Nofik Lukman Hakim