Lawan Arema FC di Laga Pembuka Liga 1 2019, Ini Tanggapan Pelatih dan Manajer PSS Sleman

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro saat mengamati permainan timnya. Foto : Richie Setiawan

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengirimkan draft jadwal pertandingan ke 18 klub peserta Liga 1 2019. Dari jadwal terbaru itu, laga pembuka Liga 1 2019 mengalami perubahan.

Jika semula Liga 1 2019 akan dibuka oleh laga Persija Jakarta versus Semen Padang, kini berubah menjadi PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (15/5/2019).

Belum diketahui secara pasti alasan PT LIB memutuskan duel PSS Sleman kontra Arema FC sebagai laga pembuka Liga 1 2019. Bisa jadi dikarenakan PSS Sleman yang status juara Liga 2 2018, sementara Arema FC juara Piala Presiden 2019.

Terkait perubahan tersebut, manajer PSS Sleman, Retno Sukmawati, menanggapi dengan santai. Ia menerangkan jika akan mengikuti arus alias siap menjalankan perubahan jadwal dari PT LIB.

“Dijalani saja,” singkat Retno Sukmawati ketika dihubungi KAMPIUN.ID, Jumat (3/5/2019) siang WIB.

Sementara itu, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, mengaku akan mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk menghadapi Arema FC di laga pembuka Liga 1 2019. Ia menilai perubahan ini tidak hanya menjadi keuntungan karena bermain di kandang, tetapi juga memiliki kerugian tersendiri.

“Ya kita mencoba persiapkan tim semampu kami. Semua ada untung ruginya,” tegas Seto Nurdiyantoro.

PSS Sleman sendiri sudah dua kali melakoni dua pertandingan uji coba melawan tim selevel, yakni Badak Lampung FC melawan PSIS Semarang. Hasilnya, Bagus Nirwanto dan kolega imbang 0-0 lawan Badak Lampung FC dan menang tipis 1-0 atas pasukan Jafri Sastra.

Setelah ini, PSS Sleman masih berencana melakukan satu kali pertandingan uji coba melawan Persebaya Surabaya. Pertandingan itu kemungkinan besar menjadi yang terakhir sebelum menghadapi Arema FC pada laga pembuka Liga 1 2019.

Febri Aldi