Monieaga Bawa Sriwijaya FC Kalahkan Persis Solo 1-0

Kapten Sriwijaya FC, Ambrizal Ammar saat bertabrakan dengan winger Persis Solo, Hapidin dalam uji coba di Lapangan Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (3/5/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Gol tunggal Monieaga Bagus Suwardi memastikan Sriwijaya FC menang atas Persis Solo 1-0 dalam uji coba di Lapangan Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (3/5/2019) sore.

Kemenangan ini menjadi yang pertama dalam rangkaian uji coba di Pulau Jawa. Sebelumnya, Laskar Wong Kito kalah 1-2 dari Persebi Boyolali dan menahan imbang Badak Lampung FC 1-1.

Jalannya laga tertutup ini berlangsung sengit sejak menit pertama. Sriwijaya FC tak banyak melakukan perubahan dibanding uji coba sebelumnya. Rotasi hanya terjadi di sektor penjaga gawang.

Hal sama juga dilakukan Persis Solo. Tercatat Agus Yuwono hanya menggantikan Fajar Zainul dengan Jodi Kustiawan, serta memasang pemain trial, Ilham Yusril. Keduanya sama-sama menempati posisi bertahan.

Starting eleven Sriwijaya FC. Foto : Nofik Lukman Hakim
Starting eleven Persis Solo. Foto : Nofik Lukman Hakim

Silih berganti serangan dilakukan kedua tim. Persis Solo membuka peluang lewat Jodi Kustiawan. Sayangnya, Jodi yang sudah berdiri bebas gagal menceploskan bola. Sundulan eks bek PSS Sleman ini hanya meninggi di atas mistar gawang Sriwijaya FC.

Sriwijaya FC kemudian meraih peluang lewat sepakan Yongki Aribowo. Memanfaatkan kesalahan koordinasi lini belakang, Yongki dengan cermat mengarahkan bola ke gawang Persis Solo. Namun sepakannya bisa ditepis kiper Persis Solo, Sukasto Efendi.

Setelah tanpa gol pada paruh pertama, Sriwijaya FC akhirnya memecah kebuntuan lewat Monieaga Bagus. Memanfaatkan umpan dari rekannya, Monieaga yang tak terkawal melepaskan sepakan jarak dekat yang gagal diantisipasi kiper pengganti Persis Solo, Andri Prabowo.

Gol ini membuat pertandingan semakin sengit. Winger Persis Solo, Nanang Asripin hampir saja membuat kedudukan kembali berimbang, andai sepakannya tak membentur mistar gawang.

Tak berselang lama, giliran Dwi Cahyono yang berdiri bebas di kotak terlarang. Namun sepakan eks Persinga Ngawi itu mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Sriwijaya FC, Hendra Molle.

Persis Solo bermain dengan sepuluh orang jelang laga usai. Wasit memberikan kartu merah untuk stoper, Susanto setelah terlibat perselisihan dengan pemain Sriwijaya FC. Hingga bubaran, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Sriwijaya FC.

Kekalahan ini menjadi yang pertama diderita Persis Solo selama pramusim. Sebelumnya, Persis Solo mengalahkan PS UNS 4-2, PS Angkasa 14-0 serta Persik Kediri 2-1.

Nofik Lukman Hakim