Pembagian Grup Liga 2 2019, PSIM Jogja dan Persis Solo Langsung Bertemu

Duel pemain Persiwa Wamena dengan pemain PSIM Jogja dalam pertandingan lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (!4/7/2018). Foto : Richie Setiawan

Kejutan muncul dalam managers meeting Liga 2 2019 di Grandkemang Hotel, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2019). PSIM Jogja dan Persis Solo sama-sama ngotot untuk menjadi bagian grup timur. Alhasil, kedua tim akhirnya berada dalam grup yang sama.

Ada 23 tim yang akan bertarung pada kompetisi kasta kedua. 11 klub akan berada di grup barat serta 12 klub ada di grup timur. Akuisisi Bogor FC menjadi Sulut United benar-benar mengubah pemetaan grup.

Persibat Batang yang diprediksi masuk grup timur, akhirnya menjadi bagian grup barat. Hal ini membuat Persibat super lega. Sejak awal, Persibat memang ingin berada di grup barat agar tak satu grup dengan PSIM Jogja.

Menariknya, PSIM Jogja yang diprediksi masuk grup barat, ngotot masuk grup timur. Hal ini sekaligus melanjutkan tradisi Laskar Mataram, selalu menjadi bagian grup timur.

Langkah PSIM turut diikuti tetangganya, Persis Solo. Laskar Sambernyawa yang biasanya minta ditempatkan dalam grup berbeda dengan PSIM, kini ngotot masuk grup timur. Alasan utamanya karena Persis Solo musim ini bermarkas di Jawa Timur, tepatnya Madiun.

Berada dalam grup yang sama merupakan momen menarik. Terakhir, kedua tim berada di grup yang sama saat kompetisi Divisi Utama versi Liga Indonesia (LI) musim 2013.

Kala itu langkah kedua tim sama-sama terhenti di fase grup. Persis Solo berada di peringkat tiga dengan 18 poin, sementara PSIM satu tingkat dibawahnya dengan 17 poin. Dua tiket lolos babak selanjutnya didapat Persik Kediri dan PSMP Mojokerto.

Rencananya, kompetisi Liga 2 2019 akan dibuka pertandingan Persik Kediri melawan PSBS Biak. Laga ini akan berlangsung di Stadion Brawijaya, Kediri, pada 22 Juni 2019.

GRUP BARAT : 

1. Aceh United (Babel United)
2. Persiraja Banda Aceh
3. PSMS Medan
4. PSPS Riau
5. Sriwijaya FC
6. Cilegon United
7. Perserang Serang
8. Persita Tangerang
9. PSGC Ciamis
10. PSCS Cilacap
11. Persibat Batang.

GRUP TIMUR :

1. PSIM Jogja
2. Persis Solo
3. Persatu Tuban
4. Persik Kediri
5. Madura FC
6. Blitar United
7. Mitra Kukar
8. Persiba Balikpapan
9. Martapura FC
10. Bogor FC (Sulut United)
11. PSBS Biak
12. Persewar Waropen

Nofik Lukman Hakim