Persipa Pati Nyaris Imbangi Persipura Jayapura

Winger Persipa Pati, Akhsay Rismawanto berusaha melewati kawalan gelandang Persipura, M Tahir dalam laga uji coba di Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang, Sabtu (4/5/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Persipa Pati memang hanya kontestan Liga 3 Jawa Tengah. Namun bukan berarti Laskar Sadirin akan jadi lumbung gol ketika bersua klub Liga 1, Persipura Jayapura. Justru skuat besutan Gatot Barnowo hampir saja mengimbangi tim Mutiara Hitam.

Dalam laga uji coba di Stadion Gemilang, Kabupaten Magelang, Sabtu (4/5/2019) sore, Persipa Pati kalah tipis 1-2 dari Persipura. Dua gol Persipura dicetak Boaz Solossa dan Muhammad Tahir. Satu gol Persipa dicetak Akhsay Rismawanto.

Persipura menurunkan skuat utamanya, minus dua pemain asing, Luis Pilar dan Wallacer de Andrade Medeiros. Dominasi permainan ditunjukkan Persipura pada awal permainan. Sesekali Persipa menyerang lewat sektor kiri yang ditempati Restu Gunawan.

Gol pembuka didapat lewat Boaz Solossa pada pertengahan babak pertama. Gol ini sempat dipertanyakan pihak Persipa lantaran bola sempat mengenai tangan Boaz. Namun gol dari sang il capitano tetap disahkan.

Selepas gol ini, Persipa mulai mengincar gol penyama kedudukan. Beberapa kali bola panjang diarahkan ke sektor depan. Namun lini belakang Persipura yang dihuni Yustinus Pae, Ricardo Salampesy, Andre Ribeiro dan Valentino Telabun sigap mengantisipasi.

Baca Juga  Agus Yuwono Resmi Tinggalkan Persis Solo

Justru gol tambahan dicetak M Tahir jelang babak pertama usai. Sepakan jarak jauh Tahir menghujam ke gawang Persipa yang dikawal M Ihsan Ramadani. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Persipura mulai melakukan rotasi. Pelatih Luciano Leandro memasukkan para pemain baru, salah satunya Godstime Ouseloka di sektor belakang. Ada pula pemain muda berbakat, Nyoman Ansanay dan Todd Rivaldo Ferre.

Sebaliknya, darah Papua dimasukkan Persipa, yakni penyerang Ikris Yahmin. Masuknya eks Sriwijaya FC ini menambah daya dobrak Persipa.

Gol akhirnya didapat Persipa pada pertengahan babak kedua. Sepakan jarak jauh Akhsay Rismawanto menghujam ke sisi kanan gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman.

Gol ini begitu mengangkat percaya diri anak-anak Pati. Pergerakan individual Ikris kian merepotkan. Begitu pula Akhsay yang mengincar untuk mendapatkan gol kedua.

Hanya saja, usaha untuk mengejutkan Persipura belum berhasil. Hingga bubaran, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Persipura.

Bagi Persipura, kemenangan ini melengkapi rentetan positif selama pemusatan latihan di Jogja. Sebelumnya, Persipura mengalahkan Persitema Temanggung 4-1 dan PSIM Jogja 3-0.

Baca Juga  PSS Sleman Tim Promosi Terbaik, Seto Nurdiyantoro: Sebutan Itu Terlalu Dini

Sementara bagi Persipa, kekalahan ini menjadi yang pertama semenjak dibesut Gatot Barnowo. Pada Rabu lalu, Persipa mengalahkan Sleman United 3-1 dalam uji coba di Pati.

Nofik Lukman Hakim