Rahasia Kalteng Putra Bisa Kejutkan Liga 1 2019

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliviera didampingi Gede Sukadana dalam sebuah jumpa pers di Magelang. Foto : Nofik Lukman Hakim

Kalteng Putra memberikan warna lain pada awal kompetisi Liga 1 2019. Meski berstatus tim promosi, Laskar Isen Mulang bisa meraih poin dalam dua lawatan ke markas tim besar Tanah Air.

Kemenangan 2-1 dicatatkan Kalteng Putra atas PSIS Semarang. Kemenangan ini terjadi di Stadion Moch Soebroto, Magelang, yang sejak musim lalu jadi markas PSIS Semarang.

Lalu hasil seri didapatkan saat menahan imbang Persebaya Surabaya 1-1. Hasil ini diraih saat Persebaya didukung puluhan ribu suporter setianya di Stadion Gelora Bung Tomo.

Empat poin pun sudah diraih Kalteng Putra. Raihan tersebut membawa Patrich Wanggai dan kawan-kawan masuk dalam jajaran tim papan atas pada klasemen sementara Liga 1 2019.

Gomes de Oliviera punya rahasia mengenai performa ciamik timnya. Pelatih asal Brazil ini menilai mentalitas anak asuhnya menjadi penentu. Kalteng Putra punya pemain yang berasal dari penjuru Indonesia, jadi mereka tidak masalah bermain dimana pun.

“Pemain kita ini semua orang Indonsia dan kita ada mulai dari Papua hingga orang Sumatera. Kita semua orang Indonesia. Jadi, kita harus bisa bermain baik dimana pun tempatnya,” kata Gomes dalam laman resmi Liga Indonesia Baru.

Selain itu, pelatih asal Brasil itu juga mengingatkan agar I Gede Sukadana dan kolega tidak meremehkan lawan. “Kita juga harus respek pada lawan dan kita juga harus membuat lawan respek pada kita,” ucap Gomes.

Badak Lampung FC kini jadi target berikutnya. Klub besutan Jan Saragih itu meraih hasil jeblok dalam dua laga awal. Kunihro Yamashita dkk. dipecundangi Tira-Persikabo 0-3 di Stadion Pakansari Bogor dan dihajar PSM Makassar 0-4 di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin

Hanya saja, Kalteng Putra yang berstatus tim tuan rumah tak bisa main di Stadion Tuah Pahoe. Stadion yang berada di kota Palangkaraya itu masih dalam tahap renovasi drainase dan rumput.

Kalteng Putra akan menjamu Badak Lampung FC di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (28/5/2019). Stadion ini musim lalu juga sempat menjadi markas tim musafir lainnya, Persija Jakarta dan PS Tira-Persikabo.

“Memang sayang sekali kita tidak bisa bermain di kandang sendiri. Kita juga ingin bermain di depan suporter kita dan ingin mereka bangga dengan permainan kita. Kita tetap harus berjuang pada setiap laga,” pungkas Gomes.

Nofik Lukman Hakim