Syafrianto Rusli Bocorkan Kunci Kebangkitan Semen Padang

Syafrianto Rusli, Pelatih Semen Padang. Foto : Richie Setiawan

Semen Padang sudah memperlihatkan kualitasnya sebagai tim kuat pada kompetisi Liga 2 2018. Kekalahan telak 0-3 dari Persis Solo pada laga perdana tak membuat mental bertanding penggawa Kabau Sirah anjlok.

Peforma Irsyad Maulana dan kawan-kawan sempat diragukan pada laga pertama. Tak tanggung-tanggung, mereka dihajar Laskar Sambernyawa 3-0 di Stadion Manahan Solo. Kekalahan itu pun disaksikan pecinta sepak bola nasional karena disiarkan secara langsung oleh TV One.

Banyak yang sempat berpikir kekalahan itu jadi bukti lemahnya Semen Padang musim ini. Banyaknya penggawa musim lalu yang pindah ditakutkan membuat Semen Padang akan kesulitan kembali ke Liga 1.

Namun kritikan itu langsung sirna saat Semen Padang mengalahkan PSIR Rembang 2-1 di Stadion Krida Rembang. Kemenangan itu terasa luar biasa karena didapat dari kandang tim yang sangat sulit dikalahkan. Bahkan saking kecewanya, sempat ada kericuhan pada akhir laga yang membuat PSIR Rembang mendapat sanksi dari Komdis PSSI.

Kemenangan itu kemudian berlanjut pada dua laga kandang. Mereka mengalahkan Persita Tangerang 1-0 dan Persika Karawang 2-0. Terbaru, Semen Padang mengalahkan Persibat Batang 2-1 di Stadion Moh Sarengat Batang. Kemenangan itu sekaligus mematahkan rekor tak pernah kalah Persibat dalam empat laga awal Liga 2.

Kebangkitan ini terasa sangat cepat. Lalu apa yang dilakukan pelatih Syarianto Rusli dalam waktu singkat?. Ternyata, mental bertanding menjadi satu-satunya faktor yang membuat Semen Padang takluk pada laga perdana.

“Saya hanya mengembalikan mental para pemain. Saya katakan bahwa mereka mampu untuk bangkit. Pelan-pelan saya bangun secara mental, taktikal dan para pemain paham apa yang harus dilakukan,” terang Syafrianto Rusli kepada KAMPIUN.ID, Sabtu (19/5/2018).

“Empat pertandingan mereka bisa tampil bagus. Mereka lebih berhati-hati dan menjalankan skema sesuai dengan apa yang saya inginkan,” lanjut pelatih yang kini mengikuti kursus lisensi A Pro ini.

Semen Padang akan kembali berlaga pada 3 Juli mendatang. Irsyad Maulana dan kawan-kawan akan menghadapi Persik Kendal di Stadion Utama Bahurekso Kendal. Jeda bulan Ramadan wajib dimanfatkan Semen Padang untuk menjaga ritme bermain agar tren menang bisa terus berlanjut.

Nofik Lukman Hakim