Uji Coba Lawan Babel United, Ini Target Utama Mitra Kukar

Mitra Kukar saat berlatih di Stadion Bea Cukai, Jakarta Timur. Foto : Facebook Mitra Kukar

Mitra Kukar akan menghadapi Babel United dalam laga uji coba di Lapangan Babek TNI, Roortan, Cakung Timur, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2019) malam. Ajang ini menjadi kesempatan tim pelatih melihat kebugaran pemain menuju Liga 2 2019.

Uji coba lawan Babel United menjadi satu dari tiga agenda yang dijadwalkan selama pemusatan latihan di Jakarta. Jumat lalu, Mitra Kukar lebih dulu melawan klub Liga 3 Jawa Barat, Patriot Candrabhaga FC.

Laga tersebut berakhir dengan kemenangan 5-0 untuk Mitra Kukar. Lima gol tim Naga Mekes dicetak Anindito Wahyu Erminanto menit ke-43 dan 48, Hendra Adi Bayauw menit ke-12, Andre Agustiar menit ke-18, serta Adi Nugroho menit ke-50.

Hanya saja, kemenangan itu belum memberi gambaran tentang kesiapan tim. Selain lawannya merupakan kontestan Liga 3, pertandingan tersebut juga digelar sore hari, saat sebagian besar pemain tengah melaksanakan ibadah puasa.

Partai lawan Babel United sangat penting melihat kesiapan tim menuju kompetisi. Dari pantuan sementara, kondisi Hendra Adi Bayauw dkk. baru menyentuh angka 60 persen.

“Saat lawan Patriot, pertandingan kita gelar dengan sistem tiga kali 30 menit. Kita dapatkan dua gol cepat menit ke-12 dan 18, setelah itu tempo mulai menurun. Memasuki 15 menit babak kedua, kondisi pemain mulai goyang, crossing mulai ngawur. Kemungkinannya ada dua, bisa jadi pemain kelelahan karena sedang puasa, atau kemampuannya memang berada di level itu,” ucap Asisten Pelatih Mitra Kukar, Asep Suryadi kepada KAMPIUN.ID, Sabtu (25/5/2019).

“Maka dari itu uji coba lawan Babel penting buat kita. Uji coba ini akan kita gelar pada malam hari, saat pemain sudah tidak puasa lagi. Babel juga sama-sama dari Liga 2. Jadi kita bisa lihat kondisi real-nya seperti apa,” lanjutnya.

Mitra Kukar benar-benar memanfaatkan kesempatan 12 hari di Jakarta. Asep menyebut, program latihan mencakup materi fisik, kerja sama tim dan mencari gambaran mengenai starting eleven.

Setelah melawan Babel United, Mitra Kukar menjadwalkan sekali uji coba melawan tim Liga 2. Hanya saja, hingga kini belum ditentukan tim mana yang akan jadi lawan.

“Waktunya sudah cukup mepet, kita hanya punya waktu sebulan menuju kompetisi, itu pun masih kepotong sepekan untuk libur lebaran,” ucap Asep.

Sejauh ini Mitra Kukar sudah memiliki 28 pemain. Mayoritas penggawa yang dikontrak sudah gabung sejak musim lalu atau saat tampil pada ajang Piala Presiden 2019. Tiga rekrutan anyar menatap Liga 2 2019, di antaranya Firly Apriansyah (stoper), Rishadi Fauzi (striker) dan Adi Nugroho (striker).

Nofik Lukman Hakim