Update Regulasi Liga 3 2019, Klub Boleh Daftarkan Lima Pemain Senior

Duel antara pemain Persipa Pati dengan pemain Persipura Jayapura dalam pertandingan uji coba di Stadion Moch Soebroto, Magelang. Foto : Nofik Lukman Hakim

PSSI melakukan perubahan regulasi pemain untuk kompetisi Liga 3 2019. Pada akhirnya setiap klub boleh mendaftarkan lima pemain senior musim ini.

Perubahan ini disampaikan PSSI melalui surat edaran bernomor 1637/PGD/311/V-2019. Surat tertanggal 15 Mei 2019 ini ditandatangani Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

“Diperbolehkan mendaftarkan lima pemain senior dengan ketentuan maksimal tiga pemain senior didaftarkan di dalam daftar susunan pemain (DSP),” demikian pernyataan resmi PSSI dalam surat edaran tersebut.

Perubahan regulasi pemain membuat setiap klub buru-buru menggelar rapat. Persebi Boyolali yang sudah terlanjur mematangkan skuat dibawah usia 22 tahun, secepatnya mengambil sikap.

“Jajaran pelatih bersama manajemen akan melakukan rapat untuk membahas perubahan regulasi pemain ini,” ucap Pelatih Persebi, Ahmad Sukisno.

Sosok Bayu Andra Cahyadi menjadi yang paling berpeluang gabung Persebi. Eks kapten Persis Solo ini masih berstatus tanpa klub.

Bayu Andra pun sejatinya sudah masuk skema awal Laskar Pandan Arang. Namun karena regulasi awal tidak boleh mengikat pemain senior, rencana itu dibatalkan.

Baca Juga  Jadwal Lengkap Liga 2 Selasa (23/7/2019), Ada Duel PSMS vs Persita Tangerang

Selain Persebi, klub-klub lain pun memiliki rencana serupa. Kebanyakan para kontestan Liga 3 mengandalkan pemain senior berstatus putra daerah.

Nofik Lukman Hakim