Ada Alasan Khusus Timnas U-19 Pilih Tim Liga 2 Sebagai Lawan Uji Coba

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Foto : Richie Setiawan

Timnas Indonesia U-19 sudah melakoni dua uji coba sebelum turun dalam gelaran AFF U-19 Youth Championship 2018 pada 1-14 Juli mendatang.

Dua lawan yang dipilih berasal dari klub Liga 2, yakni Persis Solo dan PSS Sleman. Dalam dua penampilan, Timnas U-19 menelan dua kekalahan dengan kebobolan lima gol tanpa bisa membalas satu gol pun.

Sejatinya uji coba melawan tim Liga 2 terbilang baru dalam era kepelatihan Indra Sjafri. Pada generasi Evan Dimas dan kawan-kawan lalu, Timnas U-19 cenderung berhadapan dengan tim U-19 atau U-21.

Hasilnya, dari 19 pertandingan, Timnas U-19 selalu mendominasi permainan tanpa menderita satu kekalahan pun. Kecenderungan itu bergeser pada generasi Egy Maulana Vikri.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan perubahan karakter lawan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan tim. Pada AFC U-19 Championship 2018 bulan Oktober mendatang, Indonesia berada di grup A bersama Qatar, Uni Emirat Arab dan China Taipei.

Bila melihat peta kekuatan tim, jelas Qatar dan UEA lebih diunggulkan. Secara historis, peringkat maupun pembinaan pemain muda, kedua negara itu mengungguli Indonesia dan China Taipei.

Untuk itulah, solusinya Timnas U-19 harus beradaptasi dengan lawan-lawan dengan badan besar, seperti Qatar dan UEA. Tim-tim Liga 2 akhirnya menjadi pilihan Indra Sjafri. Ia mengaku tak masalah meski dalam dua laga ini selalu menelan kekalahan.

“Saya ubah dari era Evan. Dulu kita 19 kali uji coba tanpa kalah, tapi dengan lawan dari U-19 juga. Sekarang kita ubah dengan tim senior. Liga 2 kan tim senior, bagaimana pemain di pressure dengan pemain lebih kokoh, lebih kuat,” terang Indra Sjafri usai laga lawan PSS Sleman, Sabtu (2/6/2018).

“Karena lawan kita nanti Timur Tengah, secara fisik dia lebih kuat. Nah itu mirip-mirip pemain dari Liga 2,” lanjut pelatih yang kini masih mengikuti kursus lisensi kepelatihan AFC Pro ini.

Masih ada tiga uji coba yang akan diprogramkan Indra Sjafri. Satu melawan tim internasional dan dua melawan tim lokal. Bisa dipastikan dua uji coba itu akan menghadapi tim Liga 2.

Indra belum memberikan gambaran soal tim mana yang akan jadi lawan. Namun yang jelas tiga uji coba tersebut akan berlangsung di Indonesia. Ada peluang laga kembali berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman.

“Untuk yang uji coba internasional, nanti saya konfirmasi PSSI. Karena tidak mudah untuk datangkan tim internasional,” ucapnya.

“Yang jelas kita tidak akan main ke luar negeri. Ini karena AFF di Indonesia dan AFC di Indonesia. Jadi ngapain juga ke luar negeri,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim