Alasan Mitra Kukar Pakai Pelatih Asing di Liga 2 2019

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin. (Foto: Twitter/@mitrakukar.

Mitra Kukar resmi akan diarsiteki pelatih asing selama mengarungi Liga 2 2019. Dia adalah mantan pemain Timnas Spanyol, Rafael Berges Marin.

Dengan demikian, Mitra Kukar menjadi tim kedua yang memakai jasa pelatih asing di Liga 2 2019. Sebelumnya, sudah ada PSIM Jogja yang memutuskan menunjuk Vladimir Vujovic.

Manajemen Mitra Kukar memiliki alasan tersendiri mengapa memilih pelatih asing untuk mengarungi Liga 2 2019. Salah satunya adalah untuk memenuhi target promosi.

“Awalnya pengin cari pelatih lokal saja, karena kami cuma main di Liga 2. Tapi belakangan ada tawaran dari Rafael Berges yang siap menangani Mitra Kukar dengan target mengembalikan Mitra Kukar ke Liga 1,” kata media officer Mitra Kukar, Agri Winata, kepada KAMPIUN.ID.

Di sisi lain, Rafael Berges juga bukan pelatih ‘baru’ bagi Mitra Kukar. Pelatih berkepala plontos itu sempat menangani Gerry Mandagi dan kolega di Liga 1 2018.

Namun, setelah 15 pertandungan, Rafael Berges pmemilih pulang ke Spanyol untuk mengisi jabatan sebagai direktur olahraga klub Segunda La Liga, Corboda CF.

Baca Juga  PSCS Cilacap Bertekad Kandaskan PSMS Medan

Kini, kembalinya Rafael Berges ke Tenggarong pun disambut baik oleh Mitra Kukar. Sebab, pelatih 48 tahun itu dianggap sebagai sosok nakhoda yang berkualitas.

“Tentu kami senang. Berges itu pelatih bagus, sewaktu dia mengundurkan diri untuk pengembangan karirnya di Spanyol, sebenarnya kita sangat berat untuk melepas. Namun kita tetap hormati keputusannya saat itu,” tuturnya menambahkan.

Rafael Berges sudah mulai memimpin sesi latihan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Sabtu (15/6/2019) sore, sebagai persiapan menghadapi Persis Solo pada laga perdana Liga 2 2019.

Febri Aldi