Alasan Sudibyo Bersedia Jadi Manajer Baru PSS Sleman

Manajer anyar PSS Sleman, Sudibyo (tengah), saat diperkenalkan ke hadapan media. Foto: Febri Aldi

Pengusaha konstruksi asal Sleman, Sudibyo, telah didapuk sebagai manajer baru PSS Sleman untuk mengarungi Liga 1 2019. Ia menggantikan peran Retno Sukmawati yang sebelumnya memutuskan mundur beberapa waktu lalu.

Sudibyo bukan orang baru di sepak bola Sleman. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSS pada musim 2012/2013. Kemudian, ia merupakan salah satu perintis PT Putra Sleman Sembada, bersama almarhum Supardjiono.

Pria 62 tahun itu pun senang melihat perkembangan PSS Sleman saat ini. Menurut dirinya, skuat Super Elang Jawa yang sekarang sudah berbeda jauh dengan eranya dulu, terutama semangat suporter dan manajemen yang lebih tertata.

“Sekarang kan perkembangannya sudah berbeda. Alhamdulillah, manajemen juga sudah tertata juga. Semua suporter alhamdulillah semangatnya sekarang sangat luar biasa, pemain pun juga,” kata Sudibyo.

“Jadi, sekarang sudah banyak perubahan, dibanding dulu waktu saya masih menjabat Ketua Panpel. Dulu itu waktu masih pendirian PT dengan almarhum Supardjiono,” tuturnya menambahkan.

Sudibyo memiliki alasan kuat mengapa bersedia menjadi manajer anyar PSS Sleman. Sebagai putra daerah, ia mengaku memiliki hasrat terpendam untuk melihat tim kebanggaan masyarakat Sleman berprestasi di kancah nasional.

Baca Juga  Berikut Hasil Pertandingan Liga 3 Zona DIY (12/7/2019).

“Saya ingin juga membantu PSS Sleman ini bagaimana bisa jaya, teman-teman suporter bisa lebih mendukung tim kesayangan agar lebih jaya. Karena itu kebanggaan. Jadi, tidak ada istilahnya amit-amit mencari keuntungan di PSS, tapi bagaimana PSS ini bisa maju,” tegas Sudibyo.

Lantaran masih baru, Sudibyo belum bisa memaparkan rencana-rencana yang bakal diterapkan untuk PSS Sleman. Namun, dalam waktu dekat, dirinya ingin membangun sinergi yang baik dengan seluruh stakeholder Super Elang Jawa.

“Saya akan koordinasi dulu dengan seluruhnya, mulai dari PT, manajemen, sampai pelatih, karena kerja kita adalah teamwork. Saya kan baru mulai hari ini (kemarin-red) ya, jadi harus penyesuaian dulu, terlalu jauh lah kalau soal langkah ke depan,” tegas Sudibyo.

“Kemarin saya juga sudah berkenalan dengan pelatih dan semua pemain. Ya, yang penting di sini adalah kepercayaan. Tapi, saya yakin, semua akan kerja bagus dan sungguh-sungguh, sesuai posisinya,” tutup pria yang pernah menjadi salah satu komisaris di PT PSS itu.

Febri Aldi