Blitar United Pindah Homebase ke Jawa Barat

Pertandingan antara PSIM Jogja melawan Blitar United di Stadion Sultan Agung Bantul. Foto : Richie Setiawan

PSSI akhirnya memberi pernyataan resmi terkait informasi Blitar United yang memutuskan pindah home base ke Bandung.

Ini sesuai hasil dari surat PSSI nomor: 1815/UDN/401/VI-2019 tertaggal 3 Juni 2019 persihal pemindahan grup Blitar United FC.

PSSI menyetujui pemindahan homebase dari Blitar United ke area Jawa Barat ini. Hal ini menyebabkan ada revisi pembagian grup wilayah barat dan timur. Sebelumnya Blitar United ada di grup timur, dan kini diputuskan pindah ke grup barat.

View this post on Instagram

Perpindahan Grup Blitar United FC, bersamaan dengan ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan hal-hal sebagai berikut : 1. Bahwa sesuai dengan keputusan PSSI sebagaimana terlampir, maka terjadi revisi dalam pembagian Grup Barat dan Timur Liga 2 2019. Klub Blitar United FC yang sebelumnya berada di Grup Timur, kini berpindah ke Grup Barat dan berhomebase di Jawa Barat. 2. Perubahan ini membuat komposisi Grup Barat menjadi 12 klub, sedangkan Grup Timur menjadi 11 klub. Maka terdapat penyesuaian dalam sistem kompetisi, di mana klub yang terdegradasi adalah klub yang menempati posisi ke-10, 11 dan 12 pada Grup Barat dan posisi ke-10 dan 11 pada Grup Timur. 3. Perubahan ini menimbulkan konsekuensi penyesuaian dalam penyusunan Jadwal Pertandingan Liga 2 2019. Demikian disampaikan. _ #Liga2 #TransferLiga2 #PSIM #Brajamusti #Themaident #PersisSolo #Surakartans #Pasoepati #Persita #Laviola #Sriwijaya #Kitopacak #Persijap #Persegres #PSSI #PengamatSepakbola

A post shared by Info Transfer Pemain Liga 2 (@transferliga2) on

“Perubahan ini membuat komposisi grup barat menjadi 12 klub, sedangkan Grup Timur menjadi 11 klub. Maka terdapat penyesuaian dalam sistem kompetisi, ddi mana klub yang terdegradasi adalah klub yang menempati posisi ke-10, 11, dan 12 pada grup barat, dan posisi ke-10, dan 11 pada grup timur,” tulis isi surat yang ditandatangani oleh direktur PT. Liga Indonesia Baru, Dirk Soplanit tersebut.

Belakangan banyak kabar yang mengkait-kaitkan Blitar United dengan Persib Bandung, termasuk kabar akan pindah ke Bandung. Hingga saat ini manajemen Blitar United memang belum memberikan pernyataan resminya di akun resminya.

Berikut adalah revisi pembagian grup Liga 2 2019
GRUP BARAT
1. Persiraja Banda Aceh
2. PSMS Medan
3. Babel United (dulu Aceh United)
4. PSPS Riau
5. Sriwijaya FC
6. Perserang Serang
7. Cilegon United
8. Persita Tangerang
9. PSGC Ciamis
10. Blitar United
11. PSCS Cilacap
12. Persibat Batang

GRUP TIMUR
1. Persis Solo
2. Persik Kediri
3. Madura FC
4. Persatu Tuban
5. PSIM Yogyakarta
6. Persiba Balikpapan
7. Mitra Kukar
8. Persewar Waropen
9. PSBS Biak
10. Martapura FC
11. Sulut United (dulu Bogor FC)