Dari Pas Band hingga Mocca, Inilah Musisi yang Memiliki Lagu Khusus Untuk Persib Bandung

Koreo Viking saat mendukung Persib Bandung melawan PS Tira di Liga 1 2018.

Bandung dikenal sebagai salah satu gudang lahirnya para musisi. Banyak band-band besar Indonesia yang terlahir di sini. Kebangaan warga Jawa barat pada Persib Bandung ternyata mengilhami para musisi terseut untuk melahirkan karya musiknya, yang khusus di buat untuk para bobotoh.

Inilah musisi yang sempat melahirkan single tentang Persib Bandung:

 

MOCCA – Mars Persib

Band asal bandung, Mocca. Foto: Wikipedia

Mocca adalah kelompok musik indie asal Bandung. Grup ini beranggotakan Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bass), dan Indra Massad (drum).

Band ini sudah menelurkan beberapa album, seperti My Diary (2002), Friends (2004), Colours (2007), Home (2014)

Salah satu lagu yang melegenda dari tim ini adalah Secret Admirer yang cukup ngetop di era 2000an awal. Siapa sangka band yang vokalisnya wanita ini memiliki lagu berisi dukungan kepada klub Persib Bandung, berjudul “Mars Persib”.

Lagu ini ternyata hingga sata ini masih dinyanykan oleh para Bobotoh

 

 

PAS BAND – Aing Pendukung Persib

Pas Band salah satu band idoal warga Bandung. foto: Official Pas Band

Pecinta musik rock tentu sangat mengenal band ini. Ya Pas Band memang menelurkan banyak hits, mulai dari Kesepian Kita, Jengah, hingga Gladiator.

Band asal bandung berpersonel Yukie (vokalis), Trisnoize (bass), BengBeng (gitaris) dan dua drummernya, yakni Sandy dan Richard Muten. tersebut juga diketahui memiliki lagu khusus untuk Persib.

Lagu berjudul ”Aing Pendukung Persib” ini ternyata masih aktif dinyanyikan di dalam stadion. Bahkan saat launching tim Persib pun lagu ini seperti sebuah lagu wajib yang harus ikut dinyanyikan.

 

 

EBITH BEAT A – Persib Aing, Aing Pisan

Rapper asal Bandung ini sempat jadi sorotan publik, lewat karyanya yang menyanyikan lagu-lagu islami namun dengan gaya rapper. Lagu seperti “Sholat Gitu Loh” hingga “Sepohon Kayu” yang  sempat melambungkan namanya di awal 2000an. Walaupun sejatinya, sebelumnya dia dikenal sebagai salah satu rapper yang konsisten dengan lagu rap berlirik bahasa sunda.

Diluar itu ternyata Ebith Beat A sempat membuat sebuah lagu tentang Persib, berjudul “Persib Aing, Aing Pisan”

 

 

HARAPAN JAYA – Persib dan Punggawa Keukeuh

bang 1990an, Harapan Jaya. Foto: youtube

Tau Edy Brokoli yang rambutnya kribo, tentu nama Harapan Jaya tak mungkin akan pernah hilang. Ya sebelum tenar sebagai salah satu host acara musik, Edy adalah vokalis dari band harapan Jaya. Salah satu lagu hitsnya adalah Kuliah Pagi.

Harapan Jaya sendiri sempat membuat dua buah lagu easy listening yang bertemakan sepak bola, khususnya tentang klub kebanggaan Jawa Barat, yakni Persib Bandung. Dua lagu tersebut berjudul “Persib”, dan Punggawa Keukeuh.

 

 

KANG IBING – Jung Maju Maung Bandung

musisi asal Jabar, Kang Ibing. desain: Jaladwara

Kang Ibing adalah musisi multitalenta dari tanah sunda. Dirinya dikenal banyak melahirkan lagu-lagu daerah yang banyak dinyanyikan warga Sunda. Di dalam stadion, jelas gayu “juang Maju Maung Bandung” adalah salah satu lagu favorit Bobotoh.

 

 

PHB – Maung Lautan Api

band orkes asal Bandung, Pemuda Harapan Bangsa a.k.a PHB

Band orkes yang memiliki kepanjanga Pemuda Harapan Bangsa tersebut dikenal pecinta musim di periode tahun 1990an ini, punya lagu sepanjang masa yang beberapa mahasiswa cukup hapal dengan lagunya. Ya band ini adalah pemilik lagu “Mahasiswa Rantau” yang cukup dikenal di dunia perkuliahan, khususnya yang sempat tenar di daerah Bandung, Jakarta, hingga Jogja.

Band 1990an yang kembali eksis tersebut, ternyata sempat membuat lagu tentang Persib, berjudul “Maung Lautan Api”

 

 

KUBURAN BAND – We Will Stay Behind You

band Kuburan yang tenar di tahun 2000an awal.

Dandanan band ini memang cukup menyeramkan, mungkin 11-12 dengan nama bandnya. Ya Kuburan Band memang salah satu band anti mainstream, yang sepertinya enggan terlihat ketampanannya di atas panggung.

Seremnya dandanan mereka, ternyata tidak segarang musik yang mereka mainkan. Malah bisa dibilang lirik berbau kocaklah yang lebh dikenap publik pada band yang eksis ditahun 2000an awal tersebut.

Beberapa hits dari band ini mulai dari “Lupa-Lupa Ingat” hingga Tua-Tua Kelabing”

Namun ternyata band asal bandung ini juga memiliki lagu tentang Persib, yakni berjudul “We Will Stay Behind You”

Jaladwara