Eks Asisten Pelatih Timnas Resmi Latih Persijap Jepara

Persijap Jepara. desain: Jaladwara

Klub Liga 3 asal Jawa Tengah, Persijap Jepara mengusung mimpi menuju Liga 2 2020. kegagalan promosi musim lalu, membuat tim ini bersiap membangun tim yang lebih solid.

Manajemen tim Laskar Kalinyamat akhirnya resmi menunjuk mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliveira untuk membangun tim asal Jawa Tengah tersebut.

Keputusan Persijap Jepara meresmikan pelatih asal Brasil itu memang tak terlalu mengejutkan. Selama beberapa bulan terakhir, eks pelatih Persija Jakarta IPL itu memang sudah memimpin program latihan dan seleksi pemain.

Jersey Persijap Jepara untuk kompetisi Liga 3 2019. Foto: Official Persijap Jepara.

Termasuk saat Persijap beruji coba dengan Persipura Jayapura hingga Badak Lampung FC belum lama ini.

“Selama ini coach Fabio memang yang membangun tim. Sehingga kami rasa beliau sudah paham dengan apa yang kita inginkan,” ungkap CEO Persijap, Esti Puji Lestari.

Sementara untuk asisten pelatih, Persijap menunjuk mantan pelatih PSPK Kota Pasuruan, Hendry Puji Lesmono. Sedangkan pelatih kiper musim ini dipegang Marzuki.

Fabio Oliveira memulai karir sepakbolanya di Indonesia dari seorang pemain. Dia pertama kali bergabung dengan Persita Tangerang di tahun1996, lalu tahun 1998-2000 hijrah ke PSP Padang. setelah itu dia kembali ke Persita, dan kembali berkelana. kali inike PSIM Jogja hingga berakhir di Persiter Ternate tahun 2005.

Setelah gantung sepatu dari dunia sepak bola, ia kembali ke Brazil untuk mengikuti pelatihan menjadi pelatih sepak bola profesional (treinador de futebol profissional).

Setelang mengantongi lisensi resmi, ia berkecimpung untuk menjadi pelatih yang di mulai pada tahun 2007 untuk Brazillian Soccer Academy di Indonesia. Satu tahun berlalu ia mulai melatih untuk klub Suryanaga FC, pada tahun 2009 ia berkesempatan melatih klub Persebaya U-23 selama semusim.

Setelah berkesempatan menjadi pelatih klub sepak bola di Indonesia, kariernya mulai serius dengan di awali menjadi asisten pelatih PSM Makassar (2010-2011). Sukses dengan kemampuannya, pada tahun 2012 ia di panggil ke Jakarta untuk menjadi kepala pelatih Persija Jakarta dan membekali strategi-stragi dalam putaran liga IPL.

Semusim berpengalaman membekali klub Persija Jakarta pada kejuaraan IPL, ia di berikan kesempatan untuk menjadi asisten pelatih Tim Nasional Indonesia tim senior selama satu musim.

Selanjutnya ia melatih beberapa klub-klub sepak bola di Indonesia antara lain: Pelatih klub Persebaya Surabaya (2013-2014), pelatih klub Persita Tangerang (2014-2015), Sport Research and Development of PERSSOCI Street Soccer Indonesia (2015), pelatih klub Carsae FC Timor Leste (2015-2016), Technical Coordinator Madura United (2017), ia juga sempat melatih di salah satu klub sepak bola Korea Selatan tahun lalu.