Kesan Yakob Sayuri Setelah Debut Internasional Bersama Timnas U-23

Yakob Sayuri saat membela Timnas Indonesia U-23 dalam laga melawan PSIM Jogja. Foto : Nofik Lukman Hakim

Yakob Sayuri akhirnya menjalani debut internasional bersama Timnas Indonesia U-23. Pemuda 22 tahun asal Serui ini tampil dua kali pada ajang Merlion Cup di Singapura, 7-9 Juni 2019.

Yakob Sayuri menjadi satu dari deretan debutan yang dipanggil Timnas U-23. Pemain Barito Putera ini mendapat kesempatan tampil pada babak kedua dalam laga lawan Thailand dan Filipina. Dia berperan sebagai winger kanan yang menjadi spesialisasinya.

Sebagai pendatang baru, Yakob Sayuri tampil bagus. Dia tak terlihat minder. Justru pemain yang akrab disapa Yasa ini melakukan pergerakan yang mengancam pertahanan lawan.

Satu peluang emas sempat didapatnya ketika partai perebutan tempat ketiga melawan Filipina, Minggu (9/6/2019) sore. Sayang, sepakan Yasa bisa dipatahkan kiper Filipina. Dalam laga itu, Timnas U-23 mengakhiri laga dengan skor 5-0.

Kepada KAMPIUN.ID, Yasa mengungkapkan kegembiraannya bisa dipercaya Indra Sjafri tampil dalam ajang ini. Baginya, pengalaman bersama Timnas U-23 menjadikannya lebih semangat dalam meniti karir profesional.

“Puji Tuhan, dua match kemarin berjalan baik. Saya pribadi bersyukur bisa diturunkan, walaupun mainnya babak kedua, karena ini pertandingan resmi pertama saya bersama Timnas Indonesia U-23,” kata Yasa, Senin (10/6/2019).

“Saya pribadi janji bila masih diberi kesempatan buat membela Timnas U-23, saya akan berikan yang terbaik lagi,” lanjut Yasa.

Winger Timnas Indonesia U-23, Yakob Sayuri dikawal bek muda PSIM Jogja, Al Rizqy dalam laga uji coba di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (2/6/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Bicara soal performa tim, Yasa menilai permainan sudah berjalan baik. Hanya memang tim butuh waktu untuk adaptasi lagi, agar saling mengerti karakter rekan barunya.

“Kurang komunikasi saja, soalnya kan kita ada beberapa pemain yang baru gabung dengan Timnas U-23, jadi butuh penyesuaian lagi,” ucapnya.

Yasa berjanji akan latihan lebih keras agar kembali dipercaya masuk Timnas U-23. Dia pun ingin melakukan hal sama agar satu tempat di starting eleven Barito Putera jadi miliknya.

“Semua keputusan ada di pelatih. Saya akan berusaha tunjukkan sesuatu yang terbaik di latihan maupun pertandingan, biar bisa dipercaya masuk starting,” tuturnya.

“Saya mengucap syukur bila dipasang sebagai starting eleven maupun duduk di bangku cadangan,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim