Laga Derby DIY, Waktu Recovery PSS Sleman Lebih Ideal

Skuad PSS Sleman saat berlatih di Stadion Cendrawasih Biak, Kamis (10/5/2018). Foto : Istimewa/Official PSBS

Laga derby DIY edisi pertama akan berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, 26 Juli mendatang. Dari segi waktu recovery, PSS Sleman ternyata lebih diuntungkan.

Baik PSS Sleman maupun PSIM Jogja akan menjalani jadwal padat pada bulan Juli. Ada enam pertandingan Liga 2 dan satu pertandingan Piala Indonesia yang akan dilakoni dua tim DIY ini.

PSS secara matematis lebih diuntungkan untuk laga derby. Skuad besutan Seto Nurdiantara akan menghadapi PSD Demak pada 18 Juli. Lalu pada 21 Juli, PSS menjamu Semeru FC di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Ada empat hari waktu efektif untuk mempersiapkan laga lawan PSIM pada 26 Juli. Tentu untuk persiapan derby, waktu itu sangat cukup untuk menyiapkan pemain dalam kondisi maksimal.

Hanya saja persiapan mereka tak ideal saat melawan Semeru FC. Karena jeda sangat pendek dan harus menempuh perjalanan pulang Demak ke Sleman.

Sementara PSIM Jogja akan melawan Kalteng Putra di Stadion Sultan Agung pada 19 Juli. Kemudian, skuad besutan Bona Simanjuntak melawat ke Temanggung.

Mereka akan menghadapi Persitema dalam fase pertama Piala Indonesia pada 22 Juli di Stadion Bhumi Phala Temanggung.

Praktis, PSIM hanya punya waktu efektif persiapan selama tiga hari. Itu juga masih ditambah dengan perjalanan darat dari Bhumi Phala ke Mes PSIM yang ditempuh sekitar tiga jam bila menggunakan bus besar.

Satu-satunya jalan yang bisa digunakan PSIM Jogja ialah menyimpan pemain utama pada laga lawan Persitema. Dengan begitu, PSIM justru akan punya banyak waktu untuk mengamankan poin di Liga 2 sekaligus memenangi gengsi sebagai tim terkuat di DIY.

“(Maunya) dua-duanya (kita ambil). Tapi derby lebih penting buat mengamankan posisi kita (di Liga 2),” terang Pelatih PSIM Jogja, Bona Simanjuntak kepada KAMPIUN.ID, Selasa (19/6/2018) petang.

PSIM Jogja memang butuh kemenangan untuk lolos dari degradasi. Saat ini, PSIM Jogja berada di dasar klasemen grup 3 dengan minus satu poin. Selisih lima poin dengan Persiba Balikpapan di peringkat sembilan atau setingkat di atas zona degradasi.

Nofik Lukman Hakim