Langsung Hadapi PSIM Jogja, Ini Komentar Riskal Susanto

Pemain asal Samarinda berposisis bek kanan, Riskal Susanto. Foto : Nofik Lukman Hakim

Persiba Balikpapan akan mengawali kompetisi Liga 2 2019, dengan menjamu PSIM Jogja di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (22/6/2019). Pertemuan ini menjadi laga sarat emosi bagi bek Beruang Madu, Riskal Susanto.

Riskal merupakan wajah baru yang dihadirkan Persiba. Pemain asal Samarinda ini direkrut untuk mengisi pos bek kanan, bersama eks Madura FC, Andre Putra Wibowo.

Sebelum pindah ke Persiba, Riskal merupakan pemain PSIM Jogja. Dalam dua musim terakhir, posisi bek kanan menjadi miliknya. Dia pun dikenal sebagai pemain yang cukup dekat dengan suporter Laskar Mataram.

Untuk itu, pertemuan dengan PSIM menjadi laga sarat emosi bagi pria yang baru sebulan menikah ini. Kemenangan sangat penting bagi Persiba, sebagai modal mengarungi ketatnya persaingan grup timur.

Kepada KAMPIUN.ID, Riskal mengatakan timnya dalam progres bagus menuju Liga 2. Penting bagi timnya untuk memenangkan setiap pertandingan, agar target awal lolos fase kedua bisa tercapai.

“Bagi saya pribadi, pertandingan ini menjadi semangat dan motivasi. Musim lalu main di PSIM, tiba-tiba pertandingan pertama langsung ketemu sebagai lawan,” kata Riskal, Rabu (12/6/2019) sore.

Baca Juga  Dominasi Putri Mataram di Piala Menpora 2019

“Bagi teman-teman, lawan PSIM jadi motivasi juga, apalagi PSIM dihuni materi pemain bagus, lebih diunggulkan,” lanjut Riskal.

Riskal menilai kondisi tim semakin bagus. Pemusatan latihan selama 16 hari di Bali memudahkan para pemain untuk saling beradaptasi. Kondisi fisik maupun pemahaman strategi pelatih pun terus meningkat.

Untuk itu, tim sudah bertekad untuk mengawali Liga 2 dengan kemenangan. Raihan tiga poin menjadi modal bagus untuk bersaing dengan tim-tim grup timur, termasuk PSIM Jogja.

“Pertandingan pertama selalu penting bagi setiap tim, sebagai jalan untuk support mental pemain menuju pertandingan-pertandingan berikutnya. Tentu saya dan teman-teman akan menunjukkan permainan terbaik agar meraih hasil maksimal,” tuturnya.

Persiba termasuk tim yang diunggulkan di grup timur. Keberadaan pelatih Salahudin yang mencapai kesuksesan dalam tiga musim terakhir menjadi modal. Belum lagi ada pengusaha Gede Widiade yang datang sebagai investor Berung Madu.

Namun bagi Riskal, semua tim punya peluang sama untuk membuat kejutan. Tinggal siapa yang mau kerja keras di lapangan, tim itu yang akan meraih prestasi maksimal.

Baca Juga  PSCS Cilacap Bertekad Kandaskan PSMS Medan

“Semua tim wajib diwaspadai, kita tidak boleh meremehkan, karena dalam sepak bola apapun bisa terjadi,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim