Liga 2 Belum Mulai, Persis Solo Sudah Ganti Manajer Lagi

Setiawan Muhammad (kanan) saat berbincang dengan dokter tim. Foto : Richie Setiawan

Setiawan Muhammad secara mengejutkan sudah tak menduduki jabatan sebagai manajer Persis Solo. Pengusaha batik ini mendapat pemberhentian resmi dari PT Persis Solo Saestu per Senin (10/6/2019).

Pergantian posisi manajer ini menjadi yang kedua dalam persiapan menuju kompetisi Liga 2 2019. Sebelum ini, Setiawan Muhammad ditunjuk jadi manajer untuk menggantikan posisi Langgeng Jatmiko yang diberhentikan per April 2019.

Ditemui awak media di daerah Gentan, Sukoharjo, Selasa (11/6/2019), Setiawan Muhammad mengaku sudah menerima keputusan direksi Persis Solo. Adanya pergantian posisi manajer ini sudah diketahuinya saat bertemu dengan Sekjen Persis Solo, Dedi M Lawe, pada 29 Mei lalu di Solo.

“Pembicaraan awal sudah 29 Mei lalu, tapi keputusan resminya baru Senin kemarin. Dijelaskan bahwa pergantian ini karena pihak sponsor ingin menempatkan seseorang diposisi manajer tim,” kata Setiawan Muhammad.

Dalam laman resmi klub, dijelaskan Dedi M Lawe bahwa posisi Setiawan Muhammad digeser ke bagian bisnis dan sponsor. Pria yang akrab disapa Iwan ini dianggap punya jaringan kuat di wilayah eks karesidenan Surakarta.

Namun Iwan memastikan bahwa dirinya sudah tak lagi masuk dalam kepengurusan Persis Solo. Baik dalam posisi manajemen tim maupun jajaran direksi PT Persis Solo Saestu.

“Sekarang saya sudah tidak menjadi bagian kepengurusan Persis Solo dalam posisi apapun,” ucapnya.

“Saya sudah berpamitan dengan tim pelatih maupun pemain. Saya berharap para pemain tetap fight dan fokus pada target yang dicanangkan tim,” sambungnya.

Iwan pun punya keinginan agar Laskar Sambernyawa yang dinaungi PT Persis Solo Saestu bisa mencapai kesuksesan musim ini. Utamanya merealisasikan target promosi ke Liga 1 2020.

“Memiiliki klub sepak bola itu ibarat mempunyai anak bayi, harus bisa menjaga merawat dan membimbing sampai dewasa. Sementara suporter diibaratkan sebagai kakak harus bisa mendampingi dan menjaganya,” tuturnya.

Sebagai pengganti Iwan, PT Persis Solo Saestu menunjuk Catur Prasetyo. Figur tersebut merupakan mantan wartawan yang juga menjabat sebagai senior manager di PT Syahdana Properti Nusantara. Perusahaan ini merupakan salah satu sponsor utama Persis Solo.

“Semoga dengan kehadiran saya disini bisa memberi semangat dan motivasi kepada pemain, dan yang paling penting apa yang menjadi harapan warga kota Solo dan sekitarnya bisa terwujud, Persis Solo bisa lolos ke liga 1,” terang Catur Prasetyo dalam laman resmi klub.

Nofik Lukman Hakim