Mitra Kukar Resmi Dilatih Mantan Pemain Timnas Spanyol Lagi

Rafael Berges saat memimpin sesi latihan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut Tenggarong. Foto : Official Mitra Kukar

Rafael Berges Marin resmi kembali mengisi jabatan pelatih kepala Mitra Kukar di Liga 2 2019. Kepastian kabar ini telah diumumkan melalui media sosial resmi klub, Jumat (14/6/2019).

Berges dilaporkan telah tiba di Jakarta pada Kamis (13/6/2019) malam WIB dan diharapkan segera tiba di Tenggarong untuk bersua Gerri Mandagi dan kolega.

Mantan pemain yang pernah mempersembahkan medali emas Olimpiade musim panas 1992 bersama Timnas Spanyol ini diharapkan bisa membawa skuat Naga Mekes kembali ke Liga 1 musim depan.

“Rafael Berges Marin kembali akan melatih tim Naga Mekes musim ini. Rafa telah tiba di Jakarta tadi malam dan segera bergabung tim Mitra Kukar di Tenggarong,” tulis Mitra Kukar dalam keterangan resminya.

“Semoga kehadiran Rafa mampu mengangkat prestasi tim dan membawa Mitra Kukar kembali ke kasta teratas Liga Indonesia,” lanjutnya.

Rafael Berges Marin adalah pelatih Mitra Kukar di Liga 1 2018. Namun, setelah 15 pertandingan, ia memilih pulang ke Spanyol untuk mengisi jabatan sebagai direktur olahraga klub Segunda La Liga, Corboda CF.

Di sisi lain, Mitra Kukar saat itu juga sedang jeblok. Dari 15 pertandingan Liga 1 2018, klub kebanggaan masyarakat Tenggarong itu terjebak di posisi 16 klasemen sementara dengan 17 poin dari 15 laga. Keterpurukan Mitra Kukar pun sulit diperbaiki hingga akhir musim dan akhirnya terdegradasi.

Di Liga 2 2019, Rafael Berges Marin akan menjadi pelatih kedua yang berstatus sebagai nakhoda asing. Selain dirinya, ada Vladimir Vujovic asal Montenegro yang menangani PSIM Jogja.

Febri Aldi