Pemain Berdarah Brazil Menanti Kesempatan Bela Timnas Indonesia

Kevin Gomes de Oliviera dalam sesi latihan Kalteng Putra di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Kevin Gomes de Oliviera sudah menjalani debut di Liga 1 2019. Pemain berdarah Brazil ini tampil membela Kalteng Putra dalam dua partai melawan PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya.

Kevin Gomes merupakan pemain berusia 21 tahun, yang berposisi sebagai bek kiri. Darah Brazil mengalir dari sang ayah yang tak lain merupakan pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliviera. Sementara ibunya berasal dari Surabaya, Chris Sintya.

Musim ini merupakan musim pertama Kevin bermain di kompetisi profesional Indonesia. Sebelum ini, Kevin mematangkan skill bermain sepak bola dengan berkompetisi di Brazil.

Lima tahun Kevin tinggal di Negeri Samba. Dia sempat mendapat sorotan dari media Brazil saat tampil pada ajang Piala Sao Paulo 2018. Kevin merupakan orang Indonesia pertama yang tampil pada ajang ini.

Musim ini, Kevin diminta sang ayah untuk membantunya mengangkat prestasi Kalteng Putra. Kevin tampil penuh dalam dua partai awal. Kalteng Putra pun mencatatkan kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang dan menahan imbang Persebaya Surabaya 1-1.

Sayangnya, pada partai ketiga melawan Perseru Badak Lampung FC, Kevin harus puas duduk di bangku penonton. Kondisinya yang kurang fit membuat tim pelatih pilih menurunkan Rizky Dwi Febrianto.

Kevin Gomes de Oliviera dalam sesi latihan Kalteng Putra di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Kepada KAMPIUN.ID, Kevin berbagi cerita mengenai pengalaman pertamanya main di Indonesia. Kevin mengaku gembira mendapat kesempatan untuk bersaing dengan pemain-pemain terbaik di Indonesia.

“Setelah lima tahun belajar di Brazil, sekarang dapat kesempatan main di Liga 1, tentu ini merupakan kesempatan yang luar biasa,” kata Kevin saat berbincang di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kevin menilai karakter permainan sepak bola Indonesia tak beda jauh dengan Brazil. Hal inilah yang memudahkannya untuk beradaptasi. Selain itu, ada banyak pemain berkualitas yang sudah dihadapinya.

Kevin pun berharap bisa menampilkan performa maksimal pada musim perdananya di Liga 1. Kevin siap bekerja keras selama latihan agar satu tempat di starting eleven bisa didapatnya.

“Tentu saja saya ingin tampil maksimal untuk membawa Kalteng Putra berprestasi di papan atas,” tuturnya.

Selain itu, Kevin juga melirik satu tempat di skuat Timnas Indonesia. Dengan usianya yang masih terbilang muda, Kevin punya cukup waktu untuk membuktikan bahwa dirinya layak mengenakan seragam merah putih.

“Pasti saya ingin membela Timnas Indonesia, itu hal yang luar biasa. Tapi kita pelan-pelan, buktikan kemampuan di kompetisi. Kalau ada panggilan dari Timnas, saya akan senang sekali,” ucapnya.

Nofik Lukman Hakim