Putaran Pertama Liga 2 2019, Kuncinya Profesionalitas Pemain

Duel dalam pertandingan PSIM Jogja melawan Persiba Balikpapan di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (15/5/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Profesionalitas pemain menjadi kunci kesuksesan pada putaran pertama Liga 2 2019. Bila para pemain bisa menjaga kebugaran selama libur lebaran, jadwal yang mepet tak menjadi masalah.

Hal ini diungkapkan pelatih Persiba Balikpapan, Salahudin. Dengan jarak waktu yang berdekatan, tim pelatih akan kehabisan waktu bila kondisi pemain merosot setelah libur lebaran.

“Kunci putaran pertama ada di pemain. Kalau pemain pintar jaga kondisi, mau kerja keras selama libur panjang ini, tim akan langsung melaju kencang. Tapi kalau menurun lagi, susah pasti, waktunya sangat mepet,” kata Salahudin kepada KAMPIUN.ID

Beruang Madu termasuk tim yang royal dalam memberikan jatah libur lebaran. Para pemain diberikan waktu berlibur selama 12 hari, setelah menjalani pemusatan latihan selama 16 hari di Bali. Riskal Susanto dan kawan-kawan baru berlatih lagi di Balikpapan pada 10 Juni mendatang.

Salahudin mengatakan, tim pelatih dan manajemen Persiba sudah mengumpulkan 26 pemain musim ini. Mereka mewanti-wanti soal ketatnya persaingan grup timur. Bila lengah pada putaran pertama, akan sulit bagi setiap tim mengejar pada putaran kedua.

“Persaingan sangat ketat, apalagi tim-tim lain lebih dulu memulai persiapan, sedangkan kita efektif latihan hanya 12 hari,” tutur Salahudin.

Salahudin meyakini para pemain akan berjuang keras selama libur lebaran. Apalagi selama pemusatan latihan di Bali, Salahudin bukan saja fokus meningkatkan kebugaran, namun juga membentuk karakter pemain.

“Kita bentuk mental pemain. Kita butuh pemain yang siap bertarung, kalau terlalu banyak alasan ya berat,” ucapnya.

“Untungnya saya dapat pemain yang mau diajak kerja,” lanjutnya.

Persiba akan bersaing dengan sebelas tim lain di grup timur. Mulai PSIM Jogja, Persis Solo, Persik Kediri, Blitar United, Madura FC, Persatu Tuban, Sulut United, Martapura FC, Mitra Kukar, Persewar Waropen serta PSBS Biak.

Sementara kompetisi Liga 2 2019 akan dibuka partai Persik Kediri melawan PSBS Biak di Stadion Brawijaya Kediri, pada 22 Juni mendatang.

Nofik Lukman Hakim