Siapa Layak Jabat Kapten Timnas U-19? Ini Kata Indra Sjafri

Syahrian Abimanyu (tengah) ditemani M Rafli Mursalim (kanan) saat berbincang dengan pelatih Persis Solo, Jafri Sastra di Stadion Manahan Solo, Senin (28/5/2018) lalu. Foto : Nofik Lukman Hakim

Timnas Indonesia U-19 belum membuat keputusan tentang siapa yang akan menjabat kapten tim pada AFF U-19 Championship 2018. Dalam dua uji coba, tim pelatih menunjuk dua sosok berbeda sebagai kapten tim.

Ada dua uji coba yang sudah dilakoni Timnas U-19. Pada Senin (28/5/2018), Timnas U-19 melawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo. Hasil akhirnya, skuad besutan Indra Sjafri kalah 0-3. Dalam laga itu, kapten tim dijabat Egy Maulana Vikri.

Lima hari kemudian atau tepatnya Sabtu (2/6/2018) malam, Timnas U-19 menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman. Secara mengejutkan, kapten tim dijabat Syahrian Abimanyu. Padahal dalam starting eleven, ada nama Egy. Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan PSS.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri menjelaskan pemilihan kapten dalam dua uji coba ini. Dia mengatakan ada beberapa kandidat yang menjadi figur kapten tim untuk ajang AFF U-19 Championship di Jawa Timur, 1-14 Juli mendatang.

“(Setiap uji coba) Akan ganti lagi, sampai saya akan tentukan dari beberapa kapten yang dicoba,” terang Indra Sjafri di Stadion Maguwoharjo Sleman lalu.

“Nanti kita tentukan kapten di AFF siapa. Nanti kita lihat,” lanjut mantan pelatih Bali United ini.

Ada uji yang akan dilakoni Timnas U-19, sebelum turun dalam turnamen sesungguhnya. Pemusatan latihan tahap kedua sedianya akan digelar pada 19 Juni di Jogja. Sepuluh hari kemudian, Indra akan memboyong skuadnya ke Jawa Timur.

“Karena bertepatan dengan kursus lisensi A Pro yang saya ikuti, lokasinya di Jogja, maka tahap kedua juga akan di Jogja. Supaya saya bisa bagi waktu. Pagi di Timnas, jam 9 sampai sore saya ikut A Pro. Tanggal 29 tim baru bergerak ke Jawa Timur,” jelasnya.

Nofik Lukman Hakim