Indonesia Optimis Sambut Pertarungan Piala AFF U-16 di Sidoarjo

Skuad Timnas U-16. Foto: PSSI

Timnas Indonesia U-16 optimis menyambut pertarungan Piala AFF U-16. Indonesia akan mengawali ajang ini dengan bersua Filipina dalam laga pembuka grup A di Stadion Delta Sidoarjo, Minggu (29/7/2018) malam.

Persiapan matang dilakoni tim besutan Fakhri Husaini. Selama empat pemain Timnas U-16 berada di Sidoarjo. Timnas U-16 juga sempat dua kali menggelar uji coba di Malaysia. Hasilnya, Timnas U-16 kalah 3-4 dari Malaysia U-16 dan imbang lawan Johor Darul Takzim U-16 1-1.

Lalu dengan tim lokal, Timnas U-16 meraih hasil maksimal. Timnas U-14 menang atas PSID Jombang 4-0, SSB Bligo Sidoarjo 6-2 serta Akademi ASIFA U-16 4-0.

Pada ajang ini, Indonesia ada di grup A bersama Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Filipina. Semua partai akan berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo.

“Kami datang dengan motivasi tinggi. Anak-anak juga sangat antusias menyongsong turnamen ini. Persiapan sudah kami lakukan selama empat pekan di Sidoarjo. Saya minta anak-anak tampil tanpa beban dan selalu menghormati semua tim yang bertanding di kejuaraan ini,” terang Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Filipina akan jadi lawan pertama Sutan Zico dan kawan-kawan. Untuk level senior, Filipina cukup menyulitkan Indonesia. Hal itu tak lepas dari kehadiran deretan pemain keturunan maupun naturalisasi.

Namun kini Timnas Filipina U-16 bertekad menyulitkan Indonesia pada partai perdana. Pelatih Filipina, Reiji Hirata memastikan semua pemainnya siap menghadapi Indonesia.

“Kami tahu Indonesia tim kuat, mereka juga didukung oleh suporternya. Tim kami sudah siap untuk itu. Kami coba berikan yang terbaik saat lawan Indonesia nanti,” tutur pelatih Filipina, Reiji Hirata.

Setelah melawan Filipina, Indonesia akan ditantang Myanmar, Selasa (31/7/2018), lalu melawan Vietnam, Kamis (2/8/2018), Timor Leste pada Sabtu (4/8/2018) dan Kamboja, Senin (6/8/2018).

Nofik Lukman Hakim