Ini Kata Pelatih PSIM Jogja Soal Peluang Curi Tiga Poin di Lumajang

Winger PSIM Jogja, Crah Angger berusaha melewati kawalan pemain PSMP, Wahyu Saputro dalam pertandingan Liga 2 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (1/5/2018). Foto : Richie Setiawan

PSIM Jogja memasang target poin penuh saat menghadapi Semeru FC Lumajang dalam lanjutan Liga 2 2018, Senin (9/7/2018) sore. Laskar Mataram berharap bisa mengikuti jejak Madura FC yang meraih poin penuh di Stadion Semeru Lumajang.

PSIM datang dengan kekuatan penuh. Tak ada pemain yang cedera atau akumulasi kartu. Hanya saja para penggawa PSIM baru saja menempuh perjalanan jauh.

Rombongan berangkat dari Jogja, Sabtu (7/7/2018) pukul 07.00 WIB dan baru tiba di Lumajang pukul 21.30 WIB. Perjalanan yang sangat lama ini membuat tim pelatih pilih mengistirahatkan pemain pada Minggu pagi dan baru menjajal lapangan pada sore harinya.

“Kita datang dengan kekuatan penuh. Tidak ada yang cedera dan akumulasi. Untuk perjalanan memang cukup panjang. Tapi mudah-mudahan para pemain bisa bugar lagi,” terang Pelatih PSIM, Bona Simanjuntak kepada KAMPIUN.ID, Minggu (8/7/2018) siang.

Bona menyebut kemenangan atas Martapura FC 3-1 membuat pemain bertambah semangat. Apalagi jika menang lawan Semeru FC, PSIM punya kans besar menyalip Persiba Balikpapan dan keluar dari zona degradasi grup timur.

“Motivasi dan semangat pemain sangat bagus. Ada keinginan bersama untuk keluar dari zona degradasi. Kita akan berusaha ambil poin maksimal untuk perbaiki peringkat,” tuturnya.

Semeru FC kini sedang berusaha bangkit, setelah laga kandang terakhir dihajar Madura FC 0-3. Bona mengaku sudah mengingatkan para pemain akan motivasi berlebih tuan rumah.

“Bisa saja kekalahan itu membuat mereka menjadi lebih termotivasi untuk mendapatkan poin. Itu yang perlu kita waspadai. Pemain harus fokus pada pakem permainan kita, baik saat bertahan maupun menyerang,” jelasnya.

Saat ini posisi tiga terbawah grup timur ditempati PSBS Biak dengan tiga poin dan minus tujuh gol, PSIM Jogja dengan dua poin dan agregat gol berimbang serta Persiwa Wamena dengan dua poin dan minus dua gol.

Persiba yang baru saja dikalahkan PSS Sleman 1-4, berada di peringkat sembilan atau satu tingkat di atas zona degradasi. Persiba kini mengoleksi empat poin dan minus empat gol.

Selasa (10/7/2018), Persiba akan menghadapi PSMP di Stadion Gajah Mada, Mojokerto. Sejauh ini belum ada tim yang bisa mengimbangi apalagi mengalahkan PSMP di kandangnya.

Lalu PSBS Biak akan melawan Martapura FC di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor. Dalam dua laga kandang, PSBS hanya bisa mendapatkan satu poin. Tentu faktor ini akan memudahkan langkah PSIM keluar dari zona degradasi.

Nofik Lukman Hakim