LIB: Kompetisi Liga 1 2018 Untuk Sementara Ini Berjalan Lancar

Kiper Bali United, Wawan Hendrawan saat terbang menangkap bola yang hendak direbut penyerang Persija Jakarta, Ivan Carlos dalam lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (17/7/2018). Foto : Richie Setiawan

Operator kompetisi Liga 1 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan evaluasi paruh musim kompetisi teratas Tanah Air tersebut bersama perwakilan klub di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (24/7) malam WIB.

Hasilnya, putaran pertama Liga 1 musim ini dianggap berjalan lancar dan lebih baik dari musim lalu.

“Pembahasan paruh musim, semua berjalan lancar, baik dari segi kompetisi, bisnis, administrasi, dan aspek lainnya. Tak ada hal-hal urgent yang kami bahas seperti tahun sebelumnya,” kata Direktur Utama LIB, Berlinton Siahaan yang dilansir dari situs resmi Liga Indonesia.

“Jika dibanding paruh musim lalu, peningkatannya luar biasa. Mudah-mudahan diparuh kedua nanti juga akan lebih baik dibanding paruh kedua musim kemarin,” ujar Berlinton lagi.

Dalam pertemuan tersebut, LIB juga mendapatkan banyak masukan dari klub, diantaranya terkait kepemimpinan wasit. Namun dibandingkan paruh musim lalu, jumlah protes klub terhadap wasit pada paruh musim ini cenderung berkurang.

“Dari segi wasit, protesnya berkurang. Namun kami akan terus perbaiki, meskipun pada paruh musim ini hanya ada tiga kasus yang menjadi protes klub, kami mencoba agar pada sisa kompetisi, protes itu kalau bisa tidak ada lagi,” tambah Berlinton.

Selain membahas jalannya kompetisi paruh musim pertama, klub-klub peserta juga memberikan masukan dalam mengarungi paruh musim kedua. Hal ini dikarenakan pada putaran kedua terdapat beberapa perubahan jadwal yang akan dijalani oleh klub peserta.

“Pekan ke-18 hingga ke-20 jadwal pertandingan masih akan dilaksanakan di weekend. Begitu memasuki pekan 21, kompetisi  Liga 1 istirahat dulu satu bulan karena ada Asian Games. Kita juga memahami para klub ada juga yang pemainnya dibawa ke Tim Nasional Indonesia U-23,” lanjut Berlinton.

Meski sudah menggelar evaluasi paruh musim, sejatinya belum seluruh pertandingan Liga 1 di paruh pertama selesai digelar. Pasalnya, masih terdapat satu pertandingan sisa antara Persebaya Surabaya kontra Persib Bandung yang digelar 26 Juli 2018.

Laga ini akan menentukan siapa juara paruh musim Liga 1 2018. Sebab, jika Persib mampu mengalahkan Persebaya, dipastikan armada Maung Bandung akan jadi juara paruh musim.

“Paruh musim pertama kemarin, dari 152 laga hanya satu yang tertinggal. Masih ada satu pertandingan antara Persib kontra Persebaya. Pertandingan itu sangat menentukan siapa juara paruh musim,” ucap Berlinton.

Dalam tabel klasemen sementara Liga 1 2018, Persib berada di posisi ke-5 dengan raihan 26 poin, berselisih dua poin dengan pemuncak klasemen saat ini, Barito Putera.