Panpel PSS Sleman Tak Beri Kuota Tiket untuk Bonek, Ini Reaksi Persebaya Surabaya

Para pendukung Persebaya terlihat mulai lesu saat timnya kalah dalam adu tendangan penalti atas PSMS Medan, sAbtu (3/2/2018). Foto : Richie Setiawan

Persebaya Surabaya dipastikan tanpa suporter fanatik mereka, Bonek Mana,saat menghadapi PSS Sleman pada pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019). Sebab, panpel tuan rumah memutuskan untuk tidak memberikan kuota kepada Bonek Mania.

Berdasarkan surat pemberitahuan resmi yang dikeluarkan pada Rabu (10/7/2019), keputusan itu diambil lantaran instruksi dari Kapolda DIY demi menjaga kondusifitas.

“Kami Panpel PSS Sleman dengan berat hai memberitahukan kepada manajemen serta pengurus suporter {Persebaya bahwa kami tidak dapat memberikan kuota suporter untuk pertandingan ini,” bunyi pernyataan Panpel PSS.

“Himbauan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesuai perintah dan intruksi surat Kapolda dan juga demi kebaikan bersama dan menjaga tali silaturahmi antara kita,” lanjutnya.

Mengenai keputusan tersebut, pihak Persebaya Surabaya mengimbau para pendukungnya untuk bersabar lebih dulu. Sebab, mereka berencana akan terbang ke Sleman untuk meminta penjelasan.

“Dulur-dulur Bonek yang ingin memberikan dukungan ke Persebaya saat melawan PSS mohon menahan diri. Pihak Polda DIY dan masyarakat setempat tidak memberikan kuota untuk suporter Persebaya,” tertulis pada keterangan foto unggahan Persebaya.

“Besok (hari ini) perwakilan manajemen dan Bonek akan datang ke Sleman untuk meminta konfirmasi dan penjelasan dari panitia pelaksana (panpel) di sana terkait putusan itu,” tambahnya.

PSS Sleman sendiri memiliki pengalaman buruk ketika menjamu suporter tamu di Liga 1 2019. Pada laga perdana atau pembukaan kontra Arema FC, suporter tuan rumah sempat bentrok dengan pendukung Arema FC, Aremania, yang hadir langsung di Sleman.

Febri Aldi