Persik Kendal Kalah Lagi, Eduard Tjong Langsung Mengundurkan Diri

Eduard Tjong (kanan) dalam jumpa pers di Liga 2 2018. Foto : Nofik Lukman Hakim

Eduard Tjong resmi mengundurkan diri dari Persik Kendal. Keputusan ini menyusul kekalahan atas Persibat Batang 0-1 dalam lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Rabu (25/7/2018) sore.

Gol tunggal kemenangan Laskar Benteng Alas Roban dicetak Arif Allama menit 21. Kekalahan ini menambah rentetan hasil buruk Persik di hadapan pendukungnya. Sebelum ini, Persik juga dikalahkan Semen Padang 0-3 dan Persis Solo 0-1.

“Manajemen sebenarnya meminta tetap bertahan dulu. Karena akan ada evaluasi pemain. Tapi saya sudah nggak enak. Saya putuskan untuk tetap mengundurkan diri,” terang Eduard Tjong kepada KAMPIUN.ID, Rabu (25/7/2018).

“Keputusan cepat ini saya ambil dengan harapan ada penyegaran di tubuh tim. Persik juga harus segera bangkit. Peluang untuk bertahan di Liga 2 sangat terbuka. Beda poin dengan tim-tim lain sangat tipis,” lanjutnya.

Mengevaluasi kekalahan atas Persibat, Eduard Tjong menilai permainan skuadnya sudah bagus. Hanya lagi-lagi, dia dibuat frustasi dengan penyelesaian akhir yang tak maksimal. Sejumlah peluang yang diciptakan gagal menjadi gol.

“Kita menyerang terus sepanjang pertandingan. Tapi nggak bisa-bisa bikin gol. Pusing nggak itu. Memang masalahnya masih sama. Ada di penyelesaian akhir,” jelas Eduard Tjong.

Setelah keputusan ini, Eduard Tjong belum berpikir untuk segera mencari klub. Pelatih lisensi A AFC ini pilih istirahat dulu dan menikmati waktu bersama keluarga.

“Belum ada bayangan (klub baru). Istirahat dulu, main-main sama cucu di rumah,” pungkas pelatih yang berdomisili di Solo ini.

Laskar Bahurekso kini masih menghuni dasar klasemen grup barat, dengan koleksi delapan poin. Persik berselisih lima poin dengan Persika Karawang yang ada di posisi sembilan atau satu tingkat di atas zona degradasi.

Nofik Lukman Hakim