Pertarungan Ketat Liga 3 2018, Persiba Bantul Hanya Modal 19 Pemain

Skuad Persiba Bantul saat menghadapi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Sultan Agung Bantul, Rabu (27/6/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Persiba Bantul hanya memiliki 19 pemain menatap putaran pertama babak pendahuluan Liga 3 2018. Laskar Sultan Agung optimis dengan skuad minimalis ini bisa mendapatkan hasil maksimal.

Pelatih Persiba, Suwandi HS mengatakan skuadnya sudah siap menatap kompetisi musim ini. 19 pemain yang dipunya akan coba dimaksimalkan untuk bertarung melawan Persijap Jepara, Persatu Tuban dan Persipur Purwodadi.

“Tim sudah siap bersaing di grup empat. Saya pikir untuk tiga laga putaran pertama, 19 pemain ini cukup. Nanti kalau pendaftaran pemain dibuka lagi, kita akan tambah,” terang Suwandi HS saat berbincang dengan KAMPIUN.ID di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (17/7/2018) malam.

Ada tiga senior yang terdaftar dalam skuad sekarang ini. Mulai Johan Manaji, Slamet Widodo dan Rezza Ajie Yughantara. Ketiga pemain ini sudah punya pengalaman di kompetisi Liga 2.

Suwandi menilai kehadiran tiga pemain ini sangat berpengaruh pada kekuatan tim. Dalam sederet laga uji coba, ketiga senior ini bisa mendampingi skuad muda Laskar Sultan Agung.

“Tiga pemain senior cukup berpengaruh. Kita butuh senioritas ketiganya. Mereka bisa menambah kuat mental bertanding tim ini,” tutur Suwandi HS.

Soal persaingan grup empat, Suwandi menilai Persijap, Persipur dan Persatu patut diwaspadai. Semua tim punya potensi untuk mengamankan dua tiket ke putaran nasional.

“Kekuatan semua tim sama. Tidak ada yang lemah. Semua sudah melakukan persiapan dan harus kita waspadai,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer Persiba Endro Sulastomo mengatakan tim sebenarnya sudah memiliki 22 pemain menatap Liga 3 2018. Hanya saja, tiga pemain tak bisa didaftarkan lantaran terganjal regulasi. Sebelum ke Persiba, tiga pemain ini sudah membela dua klub berbeda musim ini.

“Pemain hanya diperbolehkan pindah dua klub dalam semusim. Pemain yang sudah terdaftar di Liga 1 dan Liga 2 musim ini juga tidak boleh ikut Liga 3. Ini yang membuat proses pencarian pemain cukup sulit,” jelasnya.

Persiba akan mengawali kompetisi Liga 3 dengan menghadapi Persipur Purwodadi di Stadion Sultan Agung Bantul, 29 Juli mendatang. Namun sebelum itu, Persiba akan melawan PS TIRA dalam laga babak 128 besar Piala Indonesia 2018.

Nofik Lukman Hakim