Ulah Suporter, Persis Solo Dijatuhi Dua Sanksi Berat dari Komdis PSSI

Para suporter Persis Solo saat terlibat saling lempar batu dengan suporter Persik Kendal di Stadion Utama Kebondalem Kendal, 9 Juli lalu. Foto : Nofik Lukman Hakim

Persis Solo akhirnya harus menanggung derita atas ulah suporternya dalam dua laga kompetisi Liga 2 2018. Ada dua sanksi yang diberikan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Sanksi pertama berkaitan dengan lemparan botol saat laga lawan Cilegon United di Stadion Manahan Solo pada 4 Juli lalu. Pada masa tambahan waktu babak kedua, terlihat suporter Persis Solo melempar botol ke arah lapangan.

Melalui surat bernomor 024/L2/SK/KD-PSSI/VII/2018, Komdis PSSI menjatuhkan sanks denda Rp 15 Juta lantaran terjadi pelanggaran terhadap pasal 70 lampiran 1 kode Disiplin PSSI.

Sanksi kedua didapat atas kelakuan suporter dalam pertandingan di Stadion Utama Kebondalem Kendal, 9 Juli lalu. Melalui surat bernomor 028/L2/SK/KD-PSSI/VII/2018, suporter Persis Solo dianggap melakukan pelanggaran berat pasal 70 lampiran 1 kode disiplin PSSI.

Komdis PSSI memutuskan untuk menjatuhi hukuman denda Rp 75 Juta. Persis Solo juga wajib mengganti biaya kerusakan fasilitas markas Persik Kendal tersebut.

Atas hal ini, manajemen Persis Solo berencana menggelar pertemuan dengan suporter. Diharapkan kedepannya suporter lebih berpikir dewasa lantaran pelanggaran atas kelakuan suporter ditanggung klub.

Baca Juga  Persis Solo Berhomebase di Madiun, Persis Fans Semakin Rindu Euforia di Manahan

“Kami harapkan kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Sepulang dari Karawang, saya akan bertemu dengan teman-teman suporter serta sesepuh untuk berkonsolidasi,” terang Manajer Persis Solo, Setiawan Muhammad dalam rilis resmi klub, Jumat (20/7/2018).

Nofik Lukman Hakim