Diberhentikan Persis Solo, Jafri Sastra Pulang ke Payakumbuh

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra. Foto : Richie Setiawan

Jafri Sastra ternyata sudah resmi diberhentikan Persis Solo. Keputusan ini diterima pelatih berlisensi A AFC itu sejak Sabtu (11/8/2018) malam. Dia dihubungi langsung oleh sang manajer, Setiawan Muhammad.

“Saya dihubungi saat sedang menyaksikan final Timnas U-16. Disampaikan bahwa saya sudah tidak di Persis Solo. Ini saya balik ke Solo untuk mengambil barang-barang yang saya tinggal di Mes. Besok pagi saya pulang ke Payakumbuh,” terang Jafri Sastra saat ditemui di Mes Persis, Selasa (14/8/2018) siang.

Jafri mengaku kaget dengan pemberhentian ini. Apalagi Persis Solo masih nangkring di posisi dua klasemen grup barat Liga 2. Namun disebutnya, hal seperti ini harus siap dihadapinya sebagai pekerja profesional.

“Ini sudah risiko profesi. Semoga kedepan Persis Solo semakin sukses,” tutur Jafri. “(Soal alasan) lebih baik langsung ke manajemen saja,” lanjut Jafri.

Dalam 13 laga yang dijalani, Persis Solo mencatatkan 16 poin dari enam laga kandang dan enam poin dari tujuh laga tandang. Dengan 22 poin, Persis Solo bercokol sebagai runner up dibawah Semen Padang dengan 28 poin.

Hasil ini pun sebenarnya bukan mengecewakan. Terlepas dari empat hasil imbang dan sekali kekalahan dalam lima partai terakhir, empat laga itu berlangsung di luar kandang.

Terlepas dari hal itu, pergantian pelatih ini menjadi yang kedua musim ini. Pada awal persiapan lalu, Jafri Sastra datang menggantikan posisi Freddy Muli yang mengundurkan diri.

Musim lalu, Persis Solo pun berganti pelatih tiga kali. Mulai Yudi Suryata, Widyantoro dan Freddy Muli.

Nofik Lukman Hakim