Enam Laga Tanpa Kemenangan, Persis Solo Evaluasi Jafri Sastra?

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra. Foto : Nofik Lukman Hakim

Kabar mengejutkan datang dari klub Persis Solo. Hasil jeblok dalam enam laga terakhir dikabarkan mengancam posisi Jafri Sastra sebagai pelatih kepala. Bahkan ada isu pergantian pelatih.

Sumber KAMPIUN.ID menyebut, kebijakan pergantian pelatih ini diambil manajemen Persis Solo setelah hasil imbang 1-1 kontra PSPS Riau, Jumat (10/8/2018) sore.

Hasil imbang tersebut menjadi yang keempat dalam lima laga terakhir di Liga 2. Selain itu, Persis Solo juga takluk 0-1 dari tim Liga 3, Persinga Ngawi pada ajang Piala Indonesia 2018.

Jafri Sastra disebut mendapat kabar evaluasi tim kepelatihan melalui sambungan telepon. Namun begitu, KAMPIUN.ID belum mendapat informasi resmi dari pelatih asal Padang tersebut.

“Infonya salah satu asisten juga ikut mengundurkan diri,” ucap sumber KAMPIUN.ID yang enggan disebutkan namanya.

Terkait hal itu, Sekjen Persis Solo Dedi M Lawe membenarkan adanya evaluasi tim. Hanya saja dia tak menyinggung soal adanya pergantian pelatih maupun jajarannya.

“Info dari mana? (pergantian pelatih),” singkat Dedi M Lawe, Senin (13/8/2018). “Ada evaluasi. Nanti diumumkan hasilnya,” lanjutnya.

Bila memang Jafri Sastra diberhentikan, hal ini tentu bukan hal yang mengejutkan. Pada kompetisi Liga 2 2017, Laskar Sambernyawa dalam semusim melakukan pergantian pelatih hingga tiga kali.

Diawali Yudi Suryata pada awal persiapan, dilanjut Widyantoro pada fase grup dan babak 16 besar. Lalu Freddy Muli pada babak 8 besar.

Musim ini, Persis Solo juga sudah lebih dulu ganti pelatih. Freddy Muli memulai masa persiapan. Kemudian beberapa pekan jelang kompetisi bergulir, Jafri Sastra didatangkan.

Kabar beredar bahwa hasil evaluasi akan diumumkan pada Rabu (15/8/2018) atau saat Laskar Sambernyawa kembali memulai latihan usai libur empat hari.

Nofik Lukman Hakim