Kalahkan Persiwa 1-0, Puncak Klasemen Jadi Milik PSS Sleman

Para penggawa PSS Sleman saat merayakan gol Achmad Hisyam Tolle ke gawang Semeru FC dalam lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (15/7/2018). Foto : Richie Setiawan

PSS Sleman akhirnya menduduki puncak klasemen grup timur. Tim Elang Jawa menggeser Madura FC setelah mengalahkan Persiwa Wamena 1-0 dalam lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (4/8/2018) malam.

Gol tunggal kemenangan skuad besutan Seto Nurdiyantoro dicetak Slamet Budiyono menit 68. Gol tercipta setelah Slamet sukses memanfaatkan bola pantul hasil tendangan Dave Mustaine yang membentur tiang. Gol ini menjadi yang keenam bagi eks Sriwijaya FC tersebut.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengatakan, jalannya pertandingan sesuai perkiraannya. Para pemain Persiwa kembali bermain spartan sepanjang pertandingan.

Bahkan setelah Robert Elepere dikartu merah oleh wasid Ridwan Pahala, Persiwa tetap tangguh hingga laga tetap berakhir dengan skor 1-0. Skor ini menjadi pengulang lantaran pada pertemuan di Kuningan lalu, PSS juga menang 1-0 lewat Slamet Budiyono.

“Kami bersyukur dengan hasil ini, meski sebenarnya ada banyak peluang, hanya pemain kurang tenang dalam penyelesaian akhir. Kesalahan yang tampak dalam laga ini harus segera dibenahi,” terang Seto dalam jumpa pers usai pertandingan.

Terpisah, Pelatih Persiwa Suimin Diharja mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja perangkat pertandingan. Menurutnya, laga berjalan bagus pada paruh pertama. Namun memasuki 45 menit kedua, banyak keputusan wasit yang merugikan timnya.

“Kami melihat kinerja wasit tidak bagus. Banyak keputusan wasit yang merugikan kami,” tuturnya.

PSS Sleman kini memuncaki klasemen grup timur dengan 25 poin. Sementara Madura FC yang ditahan imbang Persiba Balikpapan 1-1 menguntit dibelakangnya dengan 24 poin, disusul PSMP Mojokerto dengan 19 poin.

Berbeda dengan tim Elang Jawa, kekalahan keempat secara beruntun semakin menyulitkan langkah Persiwa keluar dari zona degradasi. Persiwa saat ini masih menjadi juru kunci grup timur dengan tiga poin.

Nofik Lukman Hakim