Menangi Derby Ngapak, PSCS Cilacap Lolos Putaran Nasional Liga 3 2018

Kapten PSCS Cilacap, Jemmy Suparno berusaha lepas dari kawalan pemain Persibas Banyumas, Kurnia Gesang dalam lanjutan Liga 3 2018 grup 3 di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Sabtu (25/8/2018). Foto : Richie Setiawan

PSCS Cilacap memastikan satu tiket ke putaran nasional Liga 3 2018, setelah mengalahkan Persibas Banyumas 1-0 di Stadion Wijayakusuma Cilacap, Sabtu (25/8/2018) sore.

Koleksi sepuluh poin sudah tak mungkin lagi dikejar Persibas dan Persibangga Purbalingga. Tim Hiu Selatan kini tinggal berebut status juara babak pendahuluan grup 3 bersama Persip Pekalongan yang sudah mengumpulkan tujuh poin.

Kemenangan yang didapat tim besutan Jaya Hartono sejatinya diraih dengan perjuangan keras. PSCS sudah unggul pada menit kelima setelah penalti Ricky Ariansyah memperdaya kiper Persibas, Anggun Riansyah.

Penalti itu diberikan wasit asal Garut, Nurul Safarid setelah tendangan penyerang PSCS, Muhammad Irvan mengenai tangan bek Persibas.

Keunggulan tuan rumah langsung direspon Persibas dengan melancarkan sejumlah serangan. Pergerakan gesit Fikram Kunup beberapa kali merepotkan pertahanan PSCS.

Usaha Persibas untuk mencari gol penyama kedudukan hampir membuahkan hasil pada akhir babak pertama. Hanya saja tembakan kapten tim, Bilton Fernando masih menerpa tiang kiri gawang PSCS yang dikawal M Ihsan Ramadani.

Permainan menarik tersaji pada paruh kedua. Kedua tim silih berganti melakukan serangan. Persibas terlihat dominan menyerang dari sektor kanan melalui pergerakan Kurnia Gesang Satriadi dan Fikram Kunup.

Namun begitu, pertahanan PSCS yang dikomandoi Wisnu Hadi begitu kokoh. Baik Wisnu Hadi, Ilham Yusril maupun Lukas Guruh mampu menjauhkan bola dari kotak terlarang.

PSCS sejatinya punya banyak peluang emas untuk memperbesar keunggulan. Salah satunya lewat sundulan M Irvan pada pertengahan babak kedua. Bila pada babak pertama tiang kiri menggagalkan peluang Bilton Fernando, pada paruh kedua giliran sundulan M Irvan yang gagal menemui sasaran.

Laga bertajuk Derby Ngapak ini pun berakhir dengan kemenangan PSCS 1-0. Pada putaran nasional nanti, tim yang lolos dari babak pendahuluan akan bersua tim Liga 3 yang bertarung di tingkat provinsi.

Nofik Lukman Hakim