Presiden Jokowi: Kami Merasa Terhormat Menjadi Tuan Rumah Asian Games

Suasana pembukaan Asian Games di Gelora Bung Karno. Foto: Official Asian Games.

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka multievent Asian Games di  Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta (18/8/2018).

“Atas nama rakyat Indonesia, kami bangga dan kami merasa terhormat untuk menyambut tamu istimewa dari 45 negara. Dengan Asian Games ke-18, kami, negara-negara Asia, ingin menunjukkan dunia bahwa kami bersaudara, kami bersatu dan kami ingin mencapai tujuan kami,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Momen unik yang terjadi di acara opening ini, tentu saja salah satu sorotannya ialah kala Presiden Jokowi datang ke GBK dengan sepeda motor sport.

Disaksikan oleh sekitar 40.000 penonton di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, upacara dibuka dengan 2.200 penari dari 18 sekolah menengah atas di seluruh ibu kota yang mempesona penonton dengan tarian Saman, tarian tradisional dari Aceh, provinsi paling barat di Indonesia .

Disambut oleh para penari, ribuan atlet dari 45 kontingen Komite Olimpiade Nasional (NOC) kemudian mulai berjalan ke arena di depan panggung megah yang dirancang menyerupai gunung.

Setiap kontingen dipimpin oleh perwakilan yang mengenakan kostum berbentuk burung yang dirancang oleh Dynand Fariz, yang terkenal karena ciptaannya dari parade tahunan Jember Fashion Carnaval.

Setelah semua kontingen memasuki arena, penonton langsung bersorak kencang ketika kontingen Indonesia memasuki arena sebagai kontingen terakhir malam itu.

Ini adalah kali kedua Indonesia menyelenggarakan Asian Games, setelah sebelumnya pada tahun 1962 di Jakarta.