Usaha Semen Padang Jaga Puncak Klasemen Grup Barat

Pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli. Foto : Nofik Lukman Hakim

Semen Padang lebih bersemangat menatap putaran kedua Liga 2 2018. Tim berjuluk Kabau Sirah ini bisa mengakhiri putaran pertama sebagai pemuncak klasemen.

Irsyad Maulana dan kawan-kawan memuncaki klasemen grup barat dengan 22 poin dan surplus lima gol. Tempat kedua diduduki Persis Solo dengan koleksi 21 poin, disusul PSPS Riau dan Perserang Serang dengan 17 poin.

Gelar juara paruh musim ini sejatinya bukan kejutan. Semen Padang memang sejak awal dijagokan menjadi penguasa grup barat. Mereka memiliki sederet pemain yang punya pengalaman di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Namun dalam tiga laga terakhir, Semen Padang mengalami tren menurun setelah tujuh kemenangan beruntun. Semen Padang mencatatkan satu hasil imbang dan menelan dua kekalahan.

Untung saja tren ini juga diikuti sang pesaing utama di grup barat, Persis Solo. Secara mengejutkan tim besutan Jafri Sastra meraih tiga hasil imbang dalam tiga laga terakhir. Persis Solo yang sebenarnya bisa mengkudeta Semen Padang akhirnya harus puas sebagai runner up.

Pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli mengatakan keberhasilan mengamankan puncak klasemen menjadikan tim lebih bersemangat menatap putaran kedua.

Timnya siap tampil maksimal pada putaran kedua. Dua laga kandang wajib dimenangkan sebagai upaya menjaga jarak dengan para pesaing grup barat.

“Kita bersyukur tetap diatas karena Persis Solo mengalami tren menurun juga. Kita kecewa hasil di Cilegon, Allah ternyata memberikan ini (tetap di puncak klasemen),” terang Syafrianto kepada KAMPIUN.ID, Rabu (1/8/2018) malam.

Cilegon United akan jadi lawan perdana pada putaran kedua. Laga ini akan berlangsung di Stadion Haji Agus Salim Padang, Sabtu (4/8/2018). Syafrianto yakin timnya bisa membalas kekalahan menyakitkan pada pertemuan terakhir di Stadion Krakatau Steel.

“Kita sudah tahu kekuatan Cilegon seperti apa. Pada pertemuan lalu sebenarnya kita bisa (dapat poin), tapi ya begitulah (kecewa wasit),” pungkasnya.

“Para pemain sejauh ini tidak terganggu dengan hasil kemarin. Mereka tetap yakin pada kemampuannya dan siap bangkit pada dua laga kandang,” lanjutnya.

Nofik Lukman Hakim