Persibat Batang Target Sapu Bersih Laga Kandang

Penyerang Persis Solo, Johan Yoga Utama dibayangki bek Persibat Batang, Deni Kusnanto pada laga uji coba di Stadion Moh Sarengat Batang, Rabu (28/2/2018). Foto : Richie Setiawan

Persibat Batang memasang target sapu bersih dalam tiga partai kandang. Raihan sembilan poin diyakini sudah cukup untuk menyelamatkan Laskar Benteng Alas Roban dari jurang degradasi ke Liga 3 2019.

Ugiek Sugianto dan kawan-kawan dalam kondisi terjepit setelah tiga kekalahan beruntun dalam tiga partai tandang. Mulai dikalahkan Semen Padang 0-2, PSPS Riau 1-3 serta Persika Karawang 1-2. Hasil buruk itu membuat Persibat terlempar ke posisi sembilan klasemen sementara grup barat.

Persibat dengan koleksi 22 poin sangat berpotensi masuk posisi tiga terbawah alias zona degradasi. Persibat hanya unggul satu poin dari Persika Karawang yang ada di posisi sepuluh dan dua poin dari Persik Kendal yang ada di posisi sebelas.

Pelatih Persibat, Daniel Roekito menilai tiga kemenangan dalam tiga partai kandang diyakini sudah cukup untuk mengamankan tiket bertahan di Liga 2 2019. Koleksi 31 poin sudah cukup untuk menghindari kejaran Persika, Persik dan PSIR Rembang.

“Kami masih optimis bisa kembali ke papan tengah. Masih ada tiga laga kandang. Kalau bisa dioptimalkan, posisi kami aman,” terang Daniel kepada KAMPIUN.ID, Rabu (26/9/2018) siang.

Baca Juga  Arema FC Punya Sylvano Comvalius, PSS Sleman Tidak Gentar

Persis Solo menjadi lawan pertama, Sabtu (29/9/2018) nanti. Laga ini tentu tak mudah mengingat tim lawan juga butuh kemenangan untuk menjaga jalur ke babak 8 besar.

Setelah itu, lawan tak kalah berat sudah mengadang. Mulai Persita Tangerang pada 4 Oktober 2018 dan Persik Kendal pada 9 Oktober 2018. Partai terakhir dilakoni di markas Aceh United pada 14 Oktober mendatang.

“Kami baru saja tour Sumatera yang setengah mati. Sempat naik bus dari Padang ke Riau. Kemudian pulang dari Karawang ke Batang naik bus lagi. Semua pemain dalam kondisi kelelahan. Di Karawang pun kita sebenarnya sudah sangat lelah,” jelasnya.

“Saat ini terpenting memaksimalkan recovery. Saya harus siapkan kondisi untuk partai besok (lawan Persis Solo). Tak kalah penting percaya diri para pemain harus diangkat lagi. Saat lawan Padang, Riau dan Karawang, kita kuasai permainan. Tapi kecolongan gol yang sebenarnya tidak perlu. Itu yang membuat down. Harus ada pembenahan,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim