Persis Solo Ingin Bawa Poin dari Banten

Selebrasi Johan Yoga bersama Azka Fauzi usai menjebol gawang Persibat Batang dalam pertandingan di Stadion Manahan Solo, Jumat (13/7/2018). Foto : Richie Setiawan

Persis Solo akan menghadapi Cilegon United di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Selasa (18/9/2018) sore. Raihan poin sangat dibutuhkan Laskar Sambernyawa untuk mengamankan posisi kedua di klasemen grup barat Liga 2 2018.

Persaingan ketat tersaji saat fase grup menyisakan enam pertandingan. Hanya Semen Padang saja yang sudah melangkahkan satu kakinya di babak 8 besar. Dengan koleksi 32 poin, sulit bagi kontestan lain menggeser skuad besutan Syafrianto Rusli dari puncak klasemen.

Persaingan sengit masih nampak dalam perebutan posisi dua hingga empat. Persis Solo, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh saat ini menguntit Semen Padang. Namun jarak poin dengan kompetitor masih sangat tipis.

Persis Solo mengoleksi 26 poin, disusul Persita 24 poin dan Persiraja 23 poin. Mereka ditekan Aceh United dengan 23 poin, Persibat Batang, PSPS Riau dan Perserang Serang dengan koleksi 22 poin. Satu pertandingan saja bisa memutar posisi yang sangat signifikan.

Kondisi ini memaksa semua tim berjuang keras di setiap laga, tak terkecuali Persis Solo. Sebelum lawan Cilegon United, Persis Solo sejatinya berpeluang meraih poin saat menghadapi Perserang Serang. Namun buruknya penyelesaian akhir membuat Persis Solo malah takluk 1-2.

Baca Juga  Persis Solo Semakin Menjauh dari Kota Solo

Cilegon United akan jadi sasaran skuad Agus Yuwono. Persis Solo sudah berhari-hari latihan di Cilegon. Tentu saja dari adaptasi cuaca maupun lapangan, Asyraq Gufron dan kawan-kawan sudah tak menemui kendala berarti.

“Secara teknis kami sudah siap menghadapi tuan rumah Cilegon United. Soal strateginya seperti apa, kita lihat nanti di lapangan,” terang Agus Yuwono, Senin (17/9/2018) sore.

Dalam delapan partai tandang, Persis Solo baru mendapat enam poin. Terakhir, mereka mendapat satu poin saat menahan imbang PSPS Riau 1-1. Catatan ini sejatinya tak terlalu mencolok.

Namun dengan kondisi yang sudah “terjepit”, mau tak mau Laskar Sambernyawa harus mengeluarkan seluruh kekuatan yang mereka miliki. Peluang pun terbuka lantaran Cilegon United dalam track record juga pernah kalah di kandang sendiri. Mereka dikalahkan Persita Tangerang 2-1

“Kalau kita mau bertahan di posisi sekarang, kita harus sebanyak mungkin mendulang poin, termasuk di laga away ini,” tutur pelatih asal Malang ini.

Azka Fauzi dan Tri Handoko kemungkinan besar kembali jadi andalan sektor depan. Di tengah ada Eli Nasoka yang memberikan bola-bola matang ke depan maupun sayap. Sementara duet Ikhwan Ciptady dan Asyraq Gufron kemungkinan besar tetap dipertahankan.

Baca Juga  Alasan Indra Sjafri Terima Pinangan PSIM Jogja

Nofik Lukman Hakim