Timnas Putri Indonesia U-16 Gagal Tumbangkan Chinese Taipei

Timnas U-16 Indonesia. Foto: Offcial PSSI

Tim Nasional Putri Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan 1-3 dari Chinese Taipei pada laga terakhir Grup D putaran pertama kualifikasi AFC U-16 Womens Championship 2019 yang berlangsung di Stadion Dolen Omurzakov, Bishkek, Jumat (21/9/2018).

Dengan hasil ini membuat Timnas Putri Indonesia U-16 gagal lolos ke putaran kedua ajang ini. Sebab, untuk sementara, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan raihan enam poin. Dua kemenangan Indonesia diraih saat menang 3-2 atas Palestina dan 2-0 dengan Kirgizstan.

Berkat kemenangan ini membuat Chinese Taipei menghuni puncak klasemen Grup D dengan raihan sembilan poin. Pada laga terakhir, Chinese Taipei akan menghadapi Australia dan hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke putaran kedua kualifikasi AFC U-16 Womens U-16 Championship 2018.

Usai laga, pelatih Timnas Putri U-16, Rully Nere mengakui bahwa anak asuhnya sudah berjuang maksimal dan tim lawan lebih beruntung. Meski begitu ia tetap apresiasi anak asuhnya.

“Kami minta maaf kepada rakyat Indonesia atas kekalahan dan hasil ini yang membuat kita gagal lolos ke babak selanjutnya. Pemain saya rasa sudah memberikan yang terbaik di ajang ini, namun hasil belum berpihak ke kami,” kata Rully Nere yang dilansir dari situs resmi PSSI.

Pada laga tersebut, gawang Garuda Pertiwi Muda harus kebobolan lebih dulu melalui Chen Jin-wen pada menit ke-20. Namun, menjelang akhir laga Timnas Indonesia U-16 mampu mencetak gol penyeimbang melalui Safira dari titik putih.

Memasuki babak kedua, permainan Chinese Taipei semakin sulit dibendung. Chinese Taipei akhirnya mencetak dua gol lagi melalui Song Yu-ting pada menit ke-52 dan Wu Dai-ling menit ke-57. Pada sisa laga, pasukan Rully Nere gagal mencetak gol tambahan menyerah dengan skor 1-3.