Wajah Baru Stadion Manahan Tanpa Tiang Lampu

Patung yang masih berdiri tegap di depan pintu VVIP Stadion Manahan Solo. Foto : Nofik Lukman Hakim

Stadion Manahan saat ini tengah masuk di fase revitalsiasi. Pembongkaran atap di tribun VIP sudah dijalani, pencopotan seluruh bangku di tribun barat juga sudah dilaksanakan.

Salah satu pembongkaran juga dilakukan pada empat tiang lampu stadion.

”Wajah baru Manahan memang tak akan menggunakan tower lampu lagi untuk menyinari lapangan. Nanti lampu akan menyoroti dari seluruh titik di atas stadion, jadi lebih rata nanti pencahayaannya. Bentuknya mirip seperti di Stadion Gelora Bung Karno,” terang ketua Askot PSSI Kota Solo, Paulus Haryoto.

Dirinya juga mengungkapkan perubahan besar memang akan terlihat pada face stadion. Dari sisi kontruksi bangunan memang tak akan berubah. Perubahan drastis akan terlihat dari sisi atas seluruh tribun nanti akan tertutup dan saling menempel. Bisa dibilang memang Stadion Manahan akan jadi Stadion GBK dalam bentuk mini.

”Saya yakin progres pembangunannya memang akan dikebut, khususnya untuk fase pembongkarannya yang saat ini tengah dilakukan. Setelah itu baru fase penambahan elemen tambahan yang sesuai DED (detail engineering design). Kalau lihat gambaran awal yang berkembang memang semakin megah terlihat Stadion Manahan,” tuturnya.

gambaran bentuk baru Stadion Manahan yang saat ini tengah direvitalisasi. Foto: Instagram Kemen PUPR.