Awal Manis Garuda Nusantara di Piala AFC U-19, Ini Komentar Indra Sjafri

Selebrasi Egy Maulana Vikri usai menjebol gawang Chinese Taipei dalam laga pembuka Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Timnas Indonesia U-19 membuka Piala AFC U-19 2018 dengan hasil manis. Skuad besutan Indra Sjafri melibas Chinese Taipei 3-1 dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (18/10/2018) malam.

Witan Sulaeman tampil mengesankan pada laga ini. Pemain asal SKO Ragunan ini mengemas dua gol menit ke-71 dan 88. Dia juga mencatatkan satu assist atas gol Egy Maulana Vikri pada menit ke-50. Sementara gol balasan lawan dicetak Wang Chung Yu menit ke-55.

Kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen grup A dengan tiga poin. Indonesia berbekal surplus dua gol berada di atas Uni Emirat Arab yang mengalahkan Qatar 2-1 beberapa jam sebelum laga Indonesia lawan Chinese Taipei.

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri bersyukur atas kemenangan ini. Menurutnya, para pemain berhasil membongkar pertahanan Chinese Taipei lewat permainan menarik. Perubahan strategi pada babak kedua juga memancing pemain belakang lawan untuk sedikit maju.

“Babak pertama respon pemain membongkar pertahanan lawan bagus. Main dari pinggir, kita lakukan tendangan jarak jauh. Tapi belum ada gol. Babak kedua ada perubahan strategi. Kita tidak tekan lawan di atas. Akhirnya garis pertahanan lawan lebih maju. Kita bisa eksploitasi lebih, pemain bisa lakukan coming from behind. Second line masuk,” terang Indra Sjafri dalam jumpa pers usai pertandingan.

Meski ada beberapa peluang emas yang belum berbuah gol, Indra tak mempermasalahkan hal itu. Kemenangan 3-1 pada laga perdana patut disyukuri. Tiga poin ini sangat penting untuk menambah semangat, menatap laga lawan Qatar dan Uni Emirat Arab.

“Finishing memang perlu kita perbaiki. Ada perluang yang harusnya gol, tapi tidak gol. Tapi hasil malam ini tetap harus kita syukuri,” tutur Indra Sjafri.

Nofik Lukman Hakim