Indonesia U-19 Optimis Lolos PIala Dunia U-20 di Polandia, Inilah Skuad di Ajang Piala Asia U-19 2018.

Penyerang Timnas U-19, Egy Maulana Vikri saat melayani permintaan foto para penggemarnya usai berlatih di Stadion UNY, Selasa (22/5/2018) lalu. Foto : Richie Setiawan

Timnas U-19 Indonesia siap memulai perjuangannya di Piala Asia U-19 2018, pada Kamis 18 Oktober 2018 mendatang.

Target utama Timnas adalah agar bisa menggapai tiket ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan Cina Taipei. Kejuaraan Asia ini sekaligus dipakai untuk kualifikasi Piala Dunia U-20 2019 Zona Asia.

Hanya empat negara yang nantinya berhak mewakili Asia di Polandia 2019. Artinya yang akan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan adalah semifinalis.

Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20 pertama-tama harus melewati fase grup atau lolos ke babak perempat final. Di perempat final tinggal berjuang untuk melaju ke semifinal.

Saat ini sudah pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri sudah mengumumkan 23 pemain yang masuk skuat inti. Mayoritas pemain terjun di Liga 1 2018.10.18

Tercatat ada 19 pemain dari klub Liga 1 2018 yang akan berjuang membela Indonesia di Piala Asia U-19 2018. Sisanya adalah pemain yang berkompetisi di luar negeri, yaitu Egy Maulana Vikri, klub Liga 2, sampai Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

Indra Sjafri mengatakan banyaknya pemain yang sudah berkompetisi di Liga 1 memberi keuntungan tersendiri dalam masa persiapan. Hal itu karena para pemain muda sudah memiliki pengalaman di kompetisi yang ketat.

Hal itulah yang menurut Indra Sjafri menjadi pembeda ketika dirinya membawa Timnas U-19 Indonesia di Piala Asia U-19 2014. Waktu itu pemain angkatan Evan Dimas dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan jangka panjang, karena sebagian besar belum memiliki klub.

“Tahun 2014 kita berangkat dengan euforia juara Piala AFF 2013. Itu menyebabkan hal yang semestinya untuk persiapan Piala Asia U-19 2014 menjadi kurang terencana dengan baik,” kata Indra Sjafri.

“Memang waktu itu ada TC sangat panjang. Kalau sekarang kelebihannya banyak pemain bermain di kompetisi, sehingga sudah terasah dengan baik,” Indra Sjafri, menambahkan.

Timnas U-19 Indonesia
Kiper
M. Riyandi (Barito Putera), M. Aqil Savik (Persib), Gianluca Rossy (Persija)

Belakang
Nurhidayat (Bhayangkara FC), Kadek Raditya (Persiba Balikpapan), Rachmat Irianto (Persebaya), Indra Mustafa (Persib), Asnawi Mangkualam (PSM), Rifad Marasabessy (Madura United), Firza Andika (PSMS), Samuel Christianson (Sriwijaya FC)

Tengah
Luthfi Kamal (Mitra Kukar), Raffi Syarahil (Barito Putera), Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC), Resky Fandi (Martapura FC), Todd Rivaldo (Persipura), Witan Sulaeman (SKO Ragunan), Aulia Hidayat (Borneo FC), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Feby Eka Putra (Bali United), Saddil Ramdani (Persela)

Depan
Hanis Saghara (Bali United), Rafli Mursalim (Mitra Kukar)