Jepang Pastikan Satu Tempat di Piala Dunia U-20

Winger Timnas Indonesia U-19 Witan Sulaeman. Foto : Nofik Lukman Hakim

Timnas Indonesia U-19 harus memendam impian untuk lolos ke Piala Dunia U-20 2019. Skuad Garuda Nusantara disingkirkan Jepang dengan skor 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam.

Gol Jepang dicetak Shunki Higashi menit ke-40. Gol tercipta setelah sepakan jarak jauhnya mengarah ke pojok kiri gawang Timnas U-19 yang dikawal M Riyandi. Gol kedua tim Samurai Biru dicetak Taisei Miyashiro.

Jepang melenggang bersama Qatar yang sebelumnya menghajar Thailand 7-3. Dua tiket lolos langsung ke Piala Dunia U-20 akan diperebutkan dalam partai Korea Selatan melawan Tajikistan serta Arab Saudi melawan Australia.

Jalannya laga yang disaksikan 65 ribu pasang mata itu didominasi Jepang. Permainan juara Piala AFC U-19 2016 itu benar-benar efektif.

Namun bukan berarti Jepang bisa mencetak gol dengan mudah. Indonesia yang menempatkan lima pemain bertahan mampu membendung serangan Jepang.

Setelah bertubi-tubi melancarkan serangan, gol pertama didapat Jepang pada menit ke-40. Tembakan Higashi dari luar kotak penalti melesat ke pojok, hingga sulit dijangkau Riyandi. Keunggulan satu gol Jepang bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Indonesia bermain lebih menyerang. Saddil Ramdani berulang kali melancarkan serangan lewat sisi kiri pertahanan Jepang. Pun begitu dengan Witan Sulaeman yang berulang kali membuka ruang.

Namun belum mendapatkan gol, gawang Indonesia kembali jebol. Umpan Takefusa Kubo diteruskan Miyashiro dengan sepakan mendatar yang mengecoh Riyandi.

Indra Sjafri kemudian mencoba memasukkan Todd Rivaldo Ferre, mengeluarkan Kadek Raditya Maheswara. Masuknya Todd tak banyak mengubah keadaan. Jelang laga usai, giliran Rafli Mursalim yang masuk menggantikan Hanis Saghara.

Namun begitu, hingga wasit meniup peluit tanda laga usai, skor tak berubah. Jepang tetap unggul 2-0.

Nofik Lukman Hakim