Jepang Yakin Bakal Kerja Keras Hadapi Indonesia

Pertandingan antara Jepang melawan Irak di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (25/10/2018). Foto : AFC

Timnas Jepang U-19 punya modal bagus jelang menghadapi Indonesia dalam babak perempat final Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Koleksi sempurna fase grup ditutup berkat kemenangan 5-0 atas Irak di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (25/10/2018).

Lima gol tim Samurai Biru dicetak Yuta Taki menit ke-10, Taichi Hara menit ke-34 dan 77, Kyosuke Tagawa menit ke-27, dan Koki Saito menit ke-85.

Jepang mencatatkan tiga kemenangan dalam tiga partai. Jepang pun sukses 13 kali menjebol gawang tiga lawannya. Gawang mereka hanya jebol tiga kali.

Sebelum melibas Irak 5-0, Jepang lebih dulu menghajar Korea Utara 5-2. Setelah itu, giliran Thailand yang dilibas 3-1.

Pelatih Jepang Masanaga Kageyama mengatakan kemenangan telak atas Irak cukup penting bagi timnya. Kemenangan ini menjadi modal untuk melangkah lebih jauh di turnamen kali ini. Dia pun meyakini para pemain akan bekerja keras saat bersua Indonesia.

“Mungkin tim akan bekerja lebih keras lagi saat nanti berhadapan dengan Indonesia di partai perempat final. Apalagi lawan kami itu didukung oleh penonton yang pastinya akan memadati stadion,” terang Masanaga dikutip dari laman resmi PSSI.

Pertemuan dengan skuad besutan Indra Sjafri menjadi yang kedua tahun ini. Pada 25 Maret lalu, Jepang mengalahkan Indonesia 4-1 di SUGBK, Jakarta.

Sebelum terjun dalam ajang ini, Jepang tercatat sukses menahan imbang Meksiko 1-1 dan Brazil 1-1 dalam sebuah laga uji coba. Mayoritas pemain yang dibawa ke Indonesia sudah bermain di kompetisi tertinggi sepak bola Jepang.

Nofik Lukman Hakim