Kemenangan Mahal Persiraja di Markas Persik

Sepakan keras Vivi Asrizal akhirnya membuka keunggulan Persiraja Banda Aceh atas Persik Kendal di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Senin (!5/10/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Persiraja Banda Aceh akhirnya memastikan satu tiket ke babak 8 besar Liga 2 2018. Kepastian ini didapat berkat kemenangan atas Persik Kendal 3-1 di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Senin (15/10/2018) sore.

Kemenangan ini terasa sangat mahal bagi perjalanan Laskar Rencong. Pasalnya, berkat kemenangan ini, kans skuad besutan Akhyar Ilyas ke Liga 1 2019 masih terbuka.

Kemenangan tandang ini juga menjadi yang pertama setelah sepuluh laga sebelumnya berakhir tiga kali imbang dan tujuh kali menelan kekalahan.

Vivi Asrizal kembali jadi bintang kemenangan Persiraja. Pemain berusia 23 tahun ini mencetak dua gol menit ke-15 dan 45. Dia juga mencatatkan satu assist atas gol Andre Abubakar menit ke-69.

Tambahan dua gol ini melambungkan Vivi dalam posisi pencetak gol terbanyak di Liga 2. Total Vivi sudah mencetak 15 gol. Dia ada di posisi dua, dibawa Indra Setiawan dari PSMP Mojokerto yang mencetak 23 gol.

Sementara satu gol balasan Persik dicetak Dimas Galih menit ke-72. Gol tercipta lewat titik putih. Sepakan Galih ke arah kanan tak bisa diantisipasi kiper Persiraja, Aulia Rahman.

Berkat kemenangan ini, Persiraja dengan 35 poin menempati posisi dua klasemen akhir grup barat. Persiraja mengungguli Aceh United, Persita Tangerang dan Persis Solo yang sama-sama mengoleksi 35 poin. Persiraja unggul head to head atas tiga tim tersebut.

Pada fase babak 8 besar nanti, Persiraja satu grup dengan Persita Tangerang, PSS Sleman dan Kalteng Putra atau Madura FC. Kepastiannya masih menunggu hasil akhir laga Madura FC melawan PSIM Jogja di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (16/10/2018).

Nofik Lukman Hakim