Keyakinan Indra Sjafri Pada Potensi Rafli dan Saghara

Penyerang Timnas Indonesia U-19, M Rafli Mursalin saat menguasai bola di area pertahanan Persibara Banjarnegara dalam uji coba di Stadion UNY, Depok, Sleman, Sabtu (8/9/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

M Rafli Mursalim dan Hanis Saghara Putra cukup lama tak mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-19. Sebelas gol yang tercipta dalam enam partai terakhir Garuda Nusantara justru dicetak pemain belakang dan gelandang.

Sorotan tajam pun diarahkan kepada dua pemain berstatus pemain Liga 1 tersebut. Rafli dan Saghara dikritik lantaran cukup mandul. Kritik bukan sekadar memenuhi instagram PSSI, namun juga akun dari dua pemain tersebut.

Namun begitu, penilaian berbeda diungkapkan pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Menurutnya, tugas mencetak gol bukan saja menjadi beban para penyerang. Semua pemain punya kewajiban sama untuk membuka maupun menentukan gol kemenangan.

“Tidak hanya Timnas U-19. Bagi saya penyerang tidak hanya bertugas untuk mencetak gol. Membuka ruang bagi pemain lain agar mencetak gol nilainya sama,” terang Indra Sjafri.

Indra Sjafri pun tak pernah meragukan kualitas keduanya. Termasuk performa Rafli yang tidak mencetak gol saat Timnas U-19 mengalahkan Chinese Taipei 3-1, Kamis (18/10/2018) lalu. Baginya, Rafli sudah menunjukkan progres positif.

“Dua penyerang yang kita daftarkan, saya yakin sebagai pelatih mereka dari hari ke hari bisa lebih baik,” tutur pelatih asal Sumatera Barat ini.

Nofik Lukman Hakim