Bekuk Persita 2-0, Persiraja Puncaki Klasemen Grup B

Selebrasi Fahrizal Dillah saat menjebol gawang Persita Tangerang dalam lanjutan babak 8 besar Liga 2 2018 di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Senin (5/11/2018). Foto : Media Officer Persiraja

Persiraja Banda Aceh sukses memenuhi target dua kemenangan dalam dua laga kandang. Setelah menekuk PSS Sleman 2-1, kini giliran Persita Tangerang yang dikalahkan Laskar Rencong 2-0.

Dalam laga di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Senin (5/11/2018), dua gol tuan rumah dicetak oleh Husnuzhon lewat titik putih menit ke-35 dan Fahrizal Dillah menit ke-57.

Jalannya laga ini berlangsung seru. Persiraja yang tak menurunkan Vivi Asrizal, Defri Riski dan Johan Yoga menggempur pertahanan Persita. Husnuzhon kembali jadi otak serangan tuan rumah.

Andre Abubakar membuka peluang tuan rumah menit ke-8. Namun sepakan eks PSPS Riau itu masih tipis di atas mistar gawang Persita. Tak lama kemudian giliran Azka Fauzi yang sempat mengancam, meski belum membobol gawang Persita.

Pada menit ke-24, Persita harus kehilangan Ledi Utomo. Mantan pemain Timnas U-23 itu mengalami cedera dan digantikan Rico Sanjaya. Keluarnya pemain senior tersebut mengurangi ketenangan sektor belakang.

Buktinya, kesalahan dilakukan bek Persita, Amri Alamsyah menit ke-34. Umpan tak membahayakan yang dilepaskan Azka Fauzi salah diantisipasi Amri. Bola justru mengarah ke tangannya hingga wasit Abdul Razak asal Sulawesi Tenggara langsung menunjuk titik putih.

Husnuzhon pun ditunjuk menjadi algojo. Jebolan PS TIRA U-21 itu tanpa kesulitan menjebol gawang Persiraja. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Pada awal babak kedua, Persiraja memasukkan Fahrizal Dillah, menggantikan Azka Fauzi. Masuknya bomber yang baru sembuh dari cedera itu menambah kekuatan sektor depan.

Dillah membayar kepercayaan pelatih dengan menyumbang gol kedua menit ke-57. Tendangan bebas Husnuzhon diteruskan Dillah dengan tandukan maut yang gagal ditangkap kiper Persita Tb Safrudin.

Selepas unggul dua gol, Persiraja sejatinya punya peluang menambah gol. Pun begitu dengan Persita yang sempat memasukkan Sirvi Arfani menggantikan Diego Banowo menit ke-72. Namun hingga laga usai, skor tetap 2-0 untuk Persiraja.

Tambahan tiga poin membuat Persiraja untuk sementara memuncaki klasemen grup B. Persiraja mengoleksi enam poin, hasil dua kemenangan dan sekali kekalahan.

Posisi kedua ditempati Persita dengan empat poin, Madura FC tiga poin dan PSS Sleman dengan satu poin. Madura FC baru akan bersua PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/11/2018).

Nofik Lukman Hakim