Inilah Skenario Lolosnya Tim 8 Besar Liga 2 2018 ke Babak Semifinal

Penyerang PSS Sleman, Cristian Gonzales berusaha merebut bola yang dikuasai pemain Persita Tangerang, M Toha dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/11/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Liga 2 2018 sudah memasuki fase akhir khususnya untuk babak 8 besar. Pekan keenam akan digelar pada 19 November untuk pertandingan terakhir grup A, dan 21 November untuk grup B.

Saat ini dari 8 klub yang masih bertahan di babak ini, ternyata hanya Aceh United yang dipastikan tak bisa lolos ke semifinal dah harus puas bertahan di kasta Liga 2 musim depan.

Senin Sore (19/11/2018) Semen Padang akan bertarung melawan Kalteng Putra di Stadion H Agus Salim. Sementara itu PS Mojokerto Putera (PSMP) akan berjuang untuk meraih kemenangan di kandang Aceh United.

Dari sisi posisi, Kalteng Putra saat ini ada di puncak grup A dengan tabungan 10 poin, unggul tipis dari PSMP dengan 9 poin.

Semen Padang yang menabung 7 poin punya peluang untuk lolos andaikata bisa menang atas Kalteng Putra, itupun dengan berbagai catatan (lihat grafis dibawah).

Untuk PS Mojokerto hasil seri saja sudah cukup buat mereka lolos ke semifinal, namun pertimbangannya dari 13 laga tandang musim ini, PSMP memiliki rapor yang kurang baik, yang hanya bisa meraih satu kemenangan dan sekali seri di kandang lawan.

Persaingan lebih sengit terjadi di grup B (21/11/2018). Empat tim masih punya peluang yang sama untuk lolos memperebutkan tiket ke semifinal untuk dua tim teratas di grup B.

Persiraja Banda Aceh kini sudah menabung 9 poin. Disusul oleh PSS Sleman (7 poin), Persita Tangerang (7 poin), dan Madura FC (6 poin).

Persiraja Banda Aceh akan bertandang di kandang PSS Sleman. Kemenangan sedikit sulit untuk diraih, karena sepanjang musim hanya ada satu tim yang berhasil menang di Stadion Maguwoharjo Sleman, tim tersebut adalah Madura FC.

Persita Tangerang yang pekan lalu kalah telak di kandang PSS Sleman dengan skor 1-4 tentu sudah melupakan hasil pahit tersebuut. Mimpi mereka untuk promosi dengan lebih dulu harus mendapatkan tiket menuju ke semifinal cukup terbuka.

Sayangnya hal itu harus dijalani di kandang Madura FC, yang memang terkenal sebagai salah satu tim yang sudah terkalahkan di kandangnya musim ini.

Inilah skenario perebutan tiket ke semifinal yang akan direbutkan peserta 8 besar Liga 2 2018:

Irsyad Maulana merayakan golnya bersama klub Semen Padang. Foto: Official Semen Padang.

SEMEN PADANG

Lolos kalau?

  • Menang dengan margin 2 gol dari Kalteng Putra.
  • Bisa menang berapapun skornya asal PSMP kalah dari Aceh United.

 

Gelandang Kalteng Putra, Firman Utina. Foto : Richie Setiawan

KALTENG PUTRA

Lolos kalau?

  • Mampu meraih kemenangan di kandang Semen Padang.
  • Mampu meraih seri di kandang Semen Padang.

 

Indra Setiawan (tengah) merayakan golnya, bersama rekan-rekannya dalam lanjutan Liga 2 2018 di Stadion Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto, Jumat (14/9/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

PS MOJOKERTO PUTRA

Lolos Kalau?

  • Mampu meraih seri atau menang di kandang Aceh United.
  • Apabila kalah dari Aceh United, PSMP bisa lolos asal Semen Padang gagal menang dari Kalteng Putera.

 

Selebrasi Husnuzhon bersama penggawa Persiraja saat menjebol gawang Persita Tangerang dalam lanjutan babak 8 besar Liga 2 2018 di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Senin (5/11/2018). Foto : Media Officer Persiraja

PERSIRAJA BANDA ACEH

Lolos Kalau?

  • Menang atas PSS Sleman.
  • Seri atas PSS Sleman.
  • Kalah atas PSS Sleman, bisa lolos asal Madura FC bisa mengalahkan Persita.
  • Kalah atas PSS Sleman, bisa lolos asal laga Madura FC melawan Persita berakhir seri.

 

Penggawa PSS Sleman saat merayakan gol kedua Cristian Gonzales ke gawang PSIM Jogja dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/10/2018). Foto : Richie Setiawan

PSS SLEMAN

Lolos Kalau?

  • Menang atas Persiraja Banda Aceh.
  • Kalaupun berakhir seri, PSS perlu berharap laga Persita melawan Madura FC berakhir seri.

 

Aldi Al Acha melakukan selebrasi usai sukses mencetak gol ke gawang Semen Padang. Foto: Official Liga 2

PERSITA TANGERANG

Lolos Kalau?

  • Menang atas Madura FC.
  • Kalaupun seri dari Madura FC, Persita wajib berharap Persiraja bisa mengalahkan PSS Sleman.

 

Para penggawa Madura FC saat merayakan gol ke gawang PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman, beberapa waktu lalu. Foto : Nofik Lukman Hakim

MADURA FC

Lolos Kalau?

  • Wajib menang atas Persita Tangerang, itupun berharap Persiraja Banda Aceh menang atas PSS Sleman.
  • Wajib menang atas Persita Tangerang, itupun berharap Persiraja Banda Aceh vs PSS Sleman berakhir seri.