Jaga Stamina dan Mental Pemain, Pekerjaan Rumah Djanur Jelang Duel Kontra Persija

Para pemain Persebaya menjalani latihan ringan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, sore tadi (1/11) (via persebaya.id)

Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurdjaman menurunkan intensitas latihan Rendi Irwan dkk jelang laga kandang kontra Persija Jakarta, Minggu (4/11/2018) mendatang. Djanur mengantisipasi ancaman cedera bila para pemain dilanda kelelahan.

Pemain Persebaya baru saja menempuh perjalanan jauh usai melakoni pertandingan melawan Persipura Jayapura. Mereka harus menghabiskan delapan jam perjalanan kembali ke Surabaya.

“Dengan transit di Makassar bisa sampai delapan jam. Jadi saya putuskan latihan sore ini, untuk yang main, benar-benar recovery,” kata Djanur, dikutip dari situs resmi klub.

Djanur mengakui belum bisa memberikan materi tambahan kepada anak asuhnya. Bahkan, ia berencana menurunkan intensitas latihan.

“Ya, akan turun. Untuk jaga kebugaran pemain. Setelah lawan Persipura, menuju lawan Persija praktis kami hanya punya waktu tiga hari latihan,” ungkap pelatih berusia 53 tahun itu.

“Biasanya ada menu tambahan, tapi karena waktu yang mepet, pemain kami beri materi stretching saja,” lanjut Djanur.

Di sisi lain, mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu berharap mental pemain sudah pulih setelah menderita kekalahan 1-3 dari Persipura. Menurut Djanur, pemain sudah harus melupakan hasil pertandingan sebelumnya dan mulai menatap ke depan.

“Mudah-mudahan sudah bisa melupakan kekalahan dari Persipura. Karena sudah harus menghadapi pertandingan di kandang jauh lebih penting, lawannya Persija, karena jika menang posisi Persebaya jadi sedikit lebih aman. Kami harus fokus dengan Persija dan melupakan pertandingan yang sudah lewat,” tandasnya.

Chrismansyah Prayogo